Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Agama » 5 Upaya Mencapai Kebangkitan Islam Modern

5 Upaya Mencapai Kebangkitan Islam Modern

57 sec read

Upaya-upaya mencapai kebangkitan Islam – Kemunduran Islam ini sangat meresahkan di kalangan umat Islam sehingga banyak negara Islam yang melakukan perbaikan-perbaikan. Perbaikan yang dilakukan merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kemunduran Islam saat ini. Beberapa upaya yang dilakukan adalah sebagai berikut.

1. Meningkatkan Persatuan dan Kkesatuan Umat

Berbagai konflik dan perpecahan di kalangan intern umat  Islam sangat menghambat kemajuan Islam di masa modern ini. Oleh karena itu, salah satu upaya yang paling penting adalah meningkatkan persatuan dan kesatuan umat Islam. Dengan adanya rasa persatuan dan kesatuan, maka umat Islam akan lebih berkosentrasi dalam memajukan peradaban Islam di masa modern saat ini.

2. Gerakan Pembaruan Akidah dan Tajdid

Merebaknya bidah, takhayul, dan khurafat di kalangan umat Islam menandai ajaran Islam yang menyimpang dari Alquran dan Hadist. Oleh karena itu diperlukan sebuah gerakan dalam pembaruan akidah Islam. Semua ajaran Islam harus dikembalikan pada ajaran yang benar yaitu berdasarkan Alquran dan Hadist.

3. Mendirikan Sekolah-Sekolah Islam

Pendidikan merupakan salah satu hal yang paling utama dalam sebuah peradaban. Untuk kembali memajukan peradaban Islam dilakukan dengan mendirikan sekolah-sekolah Islam. Melalui sekolah Islam ini, dapat dilakukan berbagai upaya untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi serta dapat dilakukan untuk membentuk generasi Islam yang baik.

4. Modernisasi Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan tidak hanya ilmu agama saja, tetapi juga ilmu pengetahuan umum. Oleh karena itu, Islam mengajak umatnya menuntut ilmu pengetahuan agama ataupun umum untuk memajukan peradaban Islam sendiri.

5. Meningkatkan Kerja Sama Ekonomi

Ekonomi merupakan salah satu faktor pendukung kemajuan ilmu pengetahuan karena dengan ekonomi yang kuat akan lebih mudah mendirikan sekolah-sekolah untuk memajukan ilmu pengatahuan dan peradaban. Kerja sama ekonomi sudah dilakukan oleh negara-negara Islam, seperti Arab Saudi, Iran, dan negara Islam lainnya.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *