7 Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Agama Islam

Keutamaan menuntut ilmu - Ilmu pengetahuan adalah sebaik-baiknya sesuatu yang disukai, sepenting-penting sesuatu yang dicari dan merupakan suatu yang paling bermanfaat daripada selainnya. Kemuliaan akan didapat bagi pemiliknya dan keutamaan yang akan diperoleh oleh orang yang mencarinya.

Menuntut ilmu wajib hukumnya bagi setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan, anak-anak, maupun dewasa. Orang yang mencari ilmi dianggap sebagai "Fisabilillah" yaitu berjuang di jalan Allah Swt., jika mati dianggap mati syahid.


Hadits Tentang Keutamaan Menuntut Ilmu

Di antara keutamaan menuntut ilmu adalah seperti yang terkandung dalam hadist berikut:


عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءَ قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْ لَ اللّهِ صَلَّى اللّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللّهُ لَهُ طَرِيقًا إِلَى اْلجَنَّةِ وَإِنَّ اْلمَلإَكَةَ لَتَضَعُ أَجْنِحَتَهَا رِضًالِطَالِبِ اْلعِلْمِ وَإِنَّ طَالِبَ اْلعِلْمِ يَسْتَغْفِرُلَهُ مَنْ فِي السَّمَاءِ وَاْلأَرْضِ حَتَّى اْلحِيْتَانِ فِي اْلمَاءِ وَإِنَّ فَضْلَ اْلعِلْمِ عَلَى اْلعَاِبدِ كَفَضْلِ اْلقَمَرِعَلَى سَاءِرِ اْلكَوَاكِبِ إِنَّ اْلعُلَمَاءَ هُمْ وَرَثَةُ اْلأَنْبِيَاءِ إِنَّ اْلأَنْبِيَاءَ لَمْ يُوَرِّثُوا دِيْنَارًا وَلَا دِرْهَمًا إِنَّمَا وَرِّثُوْا  اْلعِلْمَ فَمَنْ أَخَذَهُ أَخَذَ بِحَظٍّ وَافِرٍ (رواه احمد و الترمذي وألوداودوابن ماجه)
Artinya:
“Dari Abi Darda dia berkata :”Aku mendengar Rasulullah saw bersabda”: “Barang siapa yang menempuh suatu jalan dalam rangka mencari ilmu maka Allah akan memudahkan baginya jalan menuju surga, dan sesungguhnya para malaikat  membentangkan sayapnya karena ridla (rela) terhadap orang yang mencari ilmu. Dan sesungguhnya orang yang mencari ilmu akan memintakan bagi mereka siapa-siapa yang ada di langit dan di bumi bahkan ikan-ikan yang ada di air. Dan sesungguhnya  eutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang. Sesungguhnya para ulama itu adalah pewaris para Nabi, sesugguhnya para Nabi tidak mewariskan dinar dan dirham, akan  tetapi mereka mewariskan ilmu, maka barang siapa yang mengambil bagian untuk mencari ilmu, maka dia sudah mengambil bagian yang besar.” (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah).

Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Agama Islam

Dalam hadis di atas dapat disimpulkan bahwa di antara keutamaan menuntut ilmu adalah sebagai berikut.

  1. Orang yang menempuh perjalanan untuk mencari ilmu sama dengan menempuh perjalanan ke surga (jalan benar dan baik yang menyebabkan ia masuk surga).
  2. Malaikat akan meletakkan sayapnya untuk para pencari ilmu.
  3. Seluruh penghuni langit dan bumi akan berdoa untuk meminta ampunan.
  4. Orang yang berilmu lebih utama daripada orang yang ahli ibadah.
  5. Para nabi tidaklah mewariskan harta, tetapi ilmu.
  6. Orang yang berilmu/ilmuan adalah pewaris para nabi.
  7. Orang yang mencari ilmu/berpegang pada ilmu akan mendapatkan bagian dari warisan para nabi.
Diantara perilaku orang yang termasuk perilaku menuntut ilmu yaitu: ikhlas hanya karena Allah Swt. dalam menuntut ilmu bukan karena yang lainnya, berteman dengan orang-orang yang memberi motivasi dalam menuntut ilmu, dan selalu melatih diri untuk sabar dan tekun dalam menuntut ilmu.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Agama Islam"

Post a Comment