Keteladanan Dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah

Keteladanan Dakwah Nabi Muhammad saw. Periode Madinah - Sebagai seorang muslim hendaknya kita memahami sejarah Nabi Muhammad saw. baik ketika Beliau berdakwah sampai Beliau hijrah ke Madinah dan diangkat sebagai rasul. Oleh karena itu kita harus mengingat kembali akan sejarah dan perjalanan Nabi untuk selalu kita contoh dan kita teladani dalam kehidupan sehari-hari.

Telah kita ketahui bersama bahwa umat Islam pada saat sekarang lebih banyak mengenal figur-figur yang sebenarnya tidak pantas untuk dijadikan contoh kehidupan. Namun, ironisnya mereka sama sekali buta akan sejarah dan peri kehidupan Rasulullah saw. yang mulia.

Nabi Muhammad saw. merupakan Nabi dan Rasul yang diutus Allah Swt. kepada manusia untuk memberikan bimbingan kepada jalan yang lurus dengan perjuangan yang gigih. Beliau berhasil mengubah kebiasaan  umat manusia dari keburukan kepada jalan kebenaran untuk menyembah Allah Swt. Bukankah dengan menjadikan Beliau sebagai contoh dan suri teladan dalam kehidupan sehari-hari menjadikan seorang muslim berakhlak mulia?


Berbeda dengan apa yang dialami pada saat di kota Mekah, saat berada di Madinah Nabi Muhammad saw. beserta para pengikutnya mendapat sambutan yang baik oleh penduduk Madinah. Secara sosial masyarakat Madinah ketika itu terdiri dari  beberapa kelompok. Diantaranya adalah kelompok-kelompok yang tergolong besar dan berpengaruh seperti kelompok Yahudi dan Arab. Kelompok Arab terdiri dari suku Aus dan  Khazraj. Berikut keteladanan yang bisa kita ambil dari dakwah Nabi Muhammad saw. periode Madinah.

Baca: Kisah dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah

Keteladanan Dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah

Berikut beberapa keteladanan yang dapat kita ambil dan kitaterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
  1. Jika suatu saat keselamatan jiwa kita terganggu dan tidak aman atau kita tidak dapat melakukan ibadah dengan khusyuk, maka alangkah baiknya kita pindah ke tempat yang aman dan kondusif untuk beribadah.
  2. Di mana pun kita berkewajiban untuk berdakwah mengajak orang lain untuk beribadah, mendirikan masjid, dan memakmurkannya jika di tempat tersebut belum ada.
  3. Dimana pun kita harus dapat hidup bermasyarakat dengan baik.
  4. Tidak membeda-bedakan ras, suku, atau golongan. Semua di hadapan Allah Swt. adalah sama derajatnya, yang membedakan adalah tingkat ketakwaannya.
  5. Jadilah pemimpin yang adil yang dapat mengayomi dan melindungi segala lapisan masyarakat.
  6. Utamakan persatuan dan kesatuan bangsa.
  7. Sling tolong menolong dan saling menghormati sesama manusia.
  8. Sabar dan tabah serta senantiasa meminta pertolongan Allah Swt. dari segala halangan dan rintangan kehidupan.
Nah, itulah 8 keteladanan yang bisa kita ambil dari dakwah Rasulullah saw. pada periode Madinah. Demikian informasi yang dapat saya bagikan mengenai keteladanan Rasulullah di Madinah, dan semoga dapat membantu.





Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keteladanan Dakwah Rasulullah saw. Periode Madinah"

Post a Comment