Faktor Penyebab Kekalahan Umat Islam Dalam Perang Uhud

Perang Uhud -  Perang Uhud terjadi pada pertengahan bulan Syakban tahun ke-3 Hijriah/Januari 625 M. Perang ini terjadi antarumat Islam yang dipimpin oleh Nabi Muhammad saw. dengan kekuatan tentara sebesar 700 orang melawan tentara kafir Quraisy yang dipimpin oleh Abu Sufyan dengan bala tentara sebanyak 300 orang. Kafir Quraisy terdiri dari orang Quraisy, Arab, Tihamah, Kianah, Bani Haris, Bani Al-Haun, dan Bani Mustaliq. Tempat peperangan berada di kaki Bukit Uhud yang terletak di sebelah utara kora Madinah.


Sebab terjadinya peperangan adalah orang kafir Quraisy ingin membalas kekuatan dalam Perang Badar. Dalam Perang uhud ini, awalnya umat islam mendapat kemenangan yang gilang-gemilang, tetapi akhirnya umat Islam mendapat kekalahan, bahkan Nabi Muhammad saw. mengalami luka-luka.

Dalam perang ini, awalnya tentara Islam dapat menghalangi tentara kafir Quraisy sehingga mereka banyak yang meninggalkan harta benda. Akan tetapi, sewaktu tentara panah Islam melihat tentara musuh hampir kalah dan banyak meninggalkan harta benda, mereka lupa akan pesan Nabi Muhammad saw. agar mereka jangan meninggalkan tempat ini walaupun dalam keadaan menang atau kalah.

Jadi, pada waktu itu tentara meninggalkan tempat bertahannya  dan terus ikut mengejar musuh sambil mengambil harta rampasan perang. Tentara yang tidak meninggalkan tempat hanya 10 orang. Dengan demikian tentara berkuda kafir Quraisy yang dipimpin Khalid bin Walid dapat menyerang tentara Islam dari belakang setelah menyerang tentara panah yang tinggal 10 orang.

Faktor Penyebab Umat Islam Kalah Dalam Perang Uhud

Jadi dalam Perang Uhud mula-mula Islam mendapat kemenangan, tapi akhirnya mendapat kekalahan. Berikut adalah faktor-faktor yang menyebabkan umat Islam kalah dalam Perang Uhud.
  1. Tentara panah sebanyak 40 orang tidak patuh kepada perintah Nabi Muhammad saw.
  2. Di antara umat Islam terdapat kaum munafik sebanyak 300 orang yang dipimpin oleh Abdullah bin Ubay.
  3. Sebelum berangkat terjadi perselisihan pendapat antara kaum muda dan kaum tua mengenai tempat yang akan dipakai untuk peperangan.
Nah, itulah sedikit penjelasa sejarah mengenai Perang Uhud beserta faktor penyebab kekalahan umat Islam dalam Perang Uhud. Demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan mengenai agama Islam, dan semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Faktor Penyebab Kekalahan Umat Islam Dalam Perang Uhud"

Post a Comment