Adab Murid Kepada Guru Menurut Agama Islam

Adab kepada Guru - Orang tuan tidak mempunyai banyak waktu mengajarkan berbagai macam ilmu pengetahuan dan memberikan pendidikan yang baik dan bermanfaat kepada anak-anak didiknya. Karena seorang ibu sangat sibuk mengatur rumah tangga, sedangkan seorang ayah sibuk mencari nafkah. Di sisi lain dalam lapangan pendidikan dan pengajaran diperlukan kahlian yang barang kali tidak dimiliki orang tua.

Oleh sebab itu, anak-anak dimasukkan ke sekolah agar memperoleh pelajaran dan pendidikan dari guru. Dengan perantara mereka, anak-anak dengan mudah memperoleh berbagai macam ilmu pengetahuan dan pendidikan.

Setelah hormat dan menghargai kedua orang tua, setiap muslim wajib hormat dan menghargai gurunya. Karena gurulah yang telah berjasa memberikan pelajaran dan pendidikan kepada muridnya agar menjadi manusia yang berbudi luhur, cakap, serta menjadi warga negara yang berguna bagi tanah air, agama, dan bangsa. Begitu pula agar menjadi manusia yang bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakat dan negara.


Oleh karena itu, sudah seharusnya seorang anak menghargai dan menghormati gurunya. Sebagaimana diperintahkan dalam sabda Nabi Muhammad saw. yang berbunyi.

(وعن انس رضي الله عنه قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: وقروا من تتعلمون منه (رواه ابو حسن المردى

Artinya: "Dari Anas RA ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: Muliakanlah orang-orang yang telah memberikan pelajaran kepadamu." (H.R. Abu Hasan Al-Mawardi)

Berdasarkan hadis di atas, maka amat tercela bagi orang yang tak dapat menghargai gurunya. Apalagi bersikap tidak sopan dan meremehkan. Baik guru itu masih memberikan pelajaran atau tidak. Oleh sebab itu, terhadap mantan guru, kita tidak boleh melupakan jasa-jasanya. Hal itu sering terjadi terutama jika seorang anak (murid) telah mencapai kedudukan atau pendidikan yang lebih tinggi daripada gurunya.

Berikut perilaku yang harus dilakukan oleh seorang murid terhadp gurunya.
  1. Mengucapkan salam atau rasa hormat terlebih dahulu kepada guru, jika bertemu dengan mereka.
  2. Menaati, mematuhi, melakukan perintah guru asalkan tidak bertentagan dengan ajaran agama dan undang-undang.
  3. Memperhatikan pelajaran ketika guru sedang memberikan pelajaran dan jangan terlalu banyak bertanya jika tidak diizinkan.
  4. Menunjukkan sikap yang rendah hati, selalu hormat dan sopan terhadap guru, baik dalam tutur kata maupun dalam tingkah laku sehari-hari.
  5. Tidak berjalan di depan guru, tetapi usahakan tetap berajalan di belakang guru, kecuali jika diizinkan atau pada kondisi dan situasi tertentu.
Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai adab terhadap guru, beserta hadis, dan perilaku yang harus dilakukan oleh seorang murid kepada gurunya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Adab Murid Kepada Guru Menurut Agama Islam"

Post a Comment