Contoh Perilaku Beriman kepada Malaikat

Contoh perilaku beriman kepada Malaikat - Menurut bahasa, kata malaikat merupakan kata jamak yang berasal dari bahasa Arab yaitu malak yang berarti kekuatan, yang berasal dari kata mashdar al alukah yang berarti risalah atau misi.

Sedangkan menurut istilah Malaikat itu adalah Makhluk ciptaan Allah SWT yang terbuat dari cahaya (nur) yang tidak memiliki hawa nafsu dan memiliki sifat taat yang sangat luar biasa kepada Allah SWT. Dan Malaikat adalah makhluk Allah yang memiliki beberapa tugas diantaranya seperti penjaga syurga, penjaga neraka, pencatat amal, peniup teropet, dll. Selain itu tugas utama dari malaikat adalah taat kepada Allah Swt. dan mematuhi segala perintahnya.

Baca: Nama Malaikat, Tugas, Sifat, dan Jumlah Malaikat

Karena termasuk makhluk gaib atau tidak bisa dilihat oleh mata manusia, alam manusia dan alam malaikat pastinya  berbeda. Malaikat tidak berjenis kelamin, tidak makan, tidak tidur, dan tidak memiliki hawa nafsu. Karena tidak dikaruniai hawa nafsu, maka malaikat senantiasa patuh dan taat kepada Allah Swt. sehingga mereka tidak pernah membangkang.


Adapun contoh perilaku beriman kepada Malaikat dan penerapan perilaku beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari dapat dilihat dibawah ini.

Contoh-Contoh Perilaku Beriman kepada Malaikat

Berikut beberapa contoh perilaku beriman kepada malaikat
  1. Selalu yakin terhadap kebesaran Allah Swt.
  2. Senantiasa bersyukur kepada Allah Swt.
  3. Selalu meningkatkan ibadah kepada Allah Swt.
  4. Terus-menerus menambah pengetahuan.

Penerapan Perilaku yang Beriman kepada Malaikat dalam kehidupan Sehari-hari

Berikut beberapa penerapan perilaku beriman kepada malaikat.
  • Menyakini dalam hati bahwa malaikat-malaikat itu ada dan diciptakan oleh Allah Swt.
  • Menyakini bahwa malaikat berperan aktif dalam kehidupan manusia, sehingga selalu bersikap hati-hati dan waspada dalam bertindak.
  • Menyakini bahwa malaikat tidak pernah dusta dan durhaka kepada Allah Swt. sehingga muncul rasa takut berbuat dosa dan maksiat.
  • Menyakini bahwa beriman kepada malaikat termasuk rukun iman dan mengingkarinya adalah berdosa dan kufur.
  • Menyakini bahwa malaikat memiliki sifat-sifat mulia sehingga berusaha meneladani dalam kehidupan.


Nah, itulah sedikit pengertian mengenai Malaikat, dan contoh perilaku beriman kepada Malaikat dalam kehidupan sehari-hari. Demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Perilaku Beriman kepada Malaikat"

Post a Comment