Teknik Dasar Dalam Lompat Tinggi Gaya Flop

Teknik dasar dalam Lompat tinggi - Lompat tinggi adalah salah satu olahraga melompat dengan melewati tiang mistar. Lompat tinggi merupakan salah satu cabang dari atletik yang mengandalkan kekuatan otot perut dan otot kaki. Tinggi tiang mistar yang harus dilewati dalam lompat tinggi minimal 2,5 meter,sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter. Lompat tinggi dilakukan dilapangan atletik dan dilakukan tanpa bantuan alat Olahraga.

Tujuan lompat tinggi adalah agar pelompat dapat mencapai lompatan setinggi-tingginya. Lompat tinggi, sala halnya dengan lompat jauh, memerlukan unsur pokok antara lain, awalan atau ancang-ancang, tumpuan atau tolakan, melewati mistar, dan terkahir mendarat.


Teknik Dasar Dalam Lompat Tinggi (Gaya Flop)

Teknik dalam lompat tinggu bertujuan agar dapat melewati ketinggian mistar setinggi-tingginya. Sikap tubuh waktu melewati mistar dalam lompat tinggi penting sekali diperhatikan oleh setiap pelompat, yaitu agar dapat membawa atau mengangkat titik berat badan yang setinggi-tingginya.

a. Latihan Teknik Ancang-Ancang (Awalan)
  1. Lari ancang-ancang sebagian lurus dan sebagian lari melengkung.
  2. Berlari 3 ̶ 6 langkah pada bagian yang lurus. Lari ancang-ancang pada bgian yang lurus dengan badan tegak.
  3. Tambah kecepatan lari ancang-ancang dengan langkah labar dan penuh kekuatan.
  4. Condongkan badan ke arah dalam pada bagian yang lengkung. Bahu lebih rendah pada bagian lengkung daripada bahu yang di luar lengkungan.
  5. Teruskan menambah kecepatan lari ancang-ancang dengan langkah-langkah yang penuh kekuatan. Dengan penekanan khusus dorong kuat pada langkah terakhir.
b. Latihan Teknik Bertolak
  1. Langkah akhir pada ancang-ancang adalah lebih pendek. Kaki yang bertolak harus mendarat dengan cepay dan dengan gerak percepatan. Jari-jari kaki menunjuk ke arah posisi mendatar, aki tidak harus paralel dengan bagian depan tempat mendarat.
  2. Naikkan paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan pertahankan posisi, ayun lengan ke atas setinggi kepala dan tetap pada posisi tersebut. Luruskan sendi kaki, lutut dan sendi panggul.
c. Latihan Teknik Melewati Mistar
  1. Sesudah bertolak, teruskan memelihara sikap kaki bebas dalam posisi horizontal. Kaki yang bertolak agar tetap diluruskan.
  2. Gerakan lengan kiri sebagai lengan yang mendahului melewati mistar lompat.
  3. Angkat naik lebih tinggi pinggang sambil melewati mistar.
  4. Bila pinggang telah melewati mistar, tarik kepala ke dada dan luruskan kaki.
d. Latihan Teknik Mendarat
Mendaratlah dengan seluruh punggung dibantu dengan lengan agar lutut tetap terpisah pada waktu mendarat.

Nah, itulah sedikit informasi mengenai teknik lompat tinggi gaya flop, sekian informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat untuk Anda.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Dalam Lompat Tinggi Gaya Flop"

Post a Comment