Pengertian Ukhuwah islamiyah (Artinya, Bahasa, dan Istilah)

Pengertian Ukhuwah - Ukhuwah diartikan dengan "persaudaraan". Dalam bahasa Arab (ukhuwah) terambil dari kata akha, dari sini kemudian melahirkan beberapa kata al-akh, akhu, yang makna dasarnya "memberi perhatian", dan kemudian berkembang artinya menjadi "sahabat, teman". Ukhuwah dalam konteks bahasa Indonesia, memiliki arti sempit seperti saudara sekandung, dan arti yang lebih luas yakni hubungan pertalian antara sesama manusia, dan hubungan kekerabatan yang akrab di antara mereka. Berkenaan dengan itulah M. Quraish Shihab menjalaskan definisi ukhuwah secara terminologis sebagai berikut.

Ukhuwah diartikan sebagai setiap persamaan dan keserasian dengan pihak lain, baik persamaan keturunan dari segi ibu, bapak, atau keduanya, maupun dari persusuan, juga mencakup persamaan salah satu dari unsur seperti suku, agama, profesi, dan perasaan.

Selanjutnya dalam konteks masyarakat muslim, berkembanglah istilah ukhuwah islamiyah yang artinya adalah persaudaraan antarsesama muslim atau persaudaraan yang dijalin oleh sesama umat islam. Namun M. Quraish Shihab lebih lanjut menyatakan bahwa, istilah dan pemahaman seperti ini kurang tepat. Menurutnya, kata Islamiyah yang dirangkaikan dengan kata ukhuwah lebih tepat dipahami sebagai adjektif, sehingga ukhuwah islamiyah berarti "persaudaraan yang bersifat islami atau persaudaraan yang diajarkan oleh Islam".

Pemahaman yang dikemukakan M. Quraish Shihab tersebut kelihatannya dapat dibenarkan, dan perlu dimasyarakatkan oleh karena dalam pandangan Al-Qur'an sendiri ditemukan banyak macam persaudaraan yang bersifat Islami. Demikian pula dalam hadis-hadis ditemukan banyak jenis persaudaraan yang dibangun oleh Nabi saw. ketika membangun negara madinah, ada yang disebut persaudaraan kemasyarakatan, kebangsaan, persaudaraan antara muslim dan musim dan selainnya.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ukhuwah islamiyah (Artinya, Bahasa, dan Istilah)"

Post a Comment