Teknik Dasar Berenang (Mengapung, Meluncur, Posisi Badan)

Berenang merupakan salah satu aktivitas olahraga yang dilakukan di dalam air. Olahraga renang sangat bermanfaat karena dapat melatih semua anggota tubuh serta memberi efek menyenangkan. Setiap orang akan merasa senang jika bermain air, bukan? Dengan bermain air, kita akan merasakan rasa sejuk dan menyegarkan. Hal inilah yang menjadikan banyak orang menyukai aktivitas renang.

Terlebih lagi di sekitar kita banyak wadah air yang bisa dimanfaarkan untuk tempat berenang. Namun, dalam melakukan aktivitas renang kita harus sangat memperhatikan faktor kesehatan dalam berenang. Teknik berenang yang benar juga sangat memengaruhi faktor keselamatan. Apa saja teknik dasar dalam berenang? Apa saja faktor keselamatan yang harus diperhatikan? Simaklah materi berikut dengan baik!

Prinsip Dasar Keterampilan Berenang

Dalam olahraga renang dikenal dua macam prinsip dasar agar bisa bergerak di dalam air, yaitu prinsip mengapung dan meluncur. Kedua prinsip ini sangat penting pada waktu belajar renang. Dalam belajar renang hal yang paling utama adalah menghilangkan rasa takut terhadap air. Kebanyakan pada saat awal belajar renang seorang takut akan tenggelam di dalam air, sehingga pengenalan air agar tubuh menjadi rileks saat masuk ke dalam air sangatlah penting.


Untuk itu, sebaiknya Anda masuk ke kolam yang dangkal terlebih dahulu. Setelah terbiasa dan keberaniannya mulai muncul, bisa mulai masuk ke kolam renang yang agak dalam. Apabila sudah tidak takut dengan air (berani memasukkan kepada ke dalam air cukup lama), secara pelan-pelan mengapungkan tubuh Anda di atas permukaan air. Dengan posisi wajah dan pandangan mata ke lantai kolam renang sambil menahan napas. Setelah berhasil mengapung di dalam air, langkah berikutnya meluncur di dalam air. Berikut penjelasan lebih lengkap mengenai teknik mengapung dan meluncur.

# Mengapung

Bagi perenang pemula, cara mengapung dipermukaan air sulit untuk dilakukan. Untuk dapat mengapung membutuhkan waktu yang cukup lama dalam berlatih. Ada beberapa cara untuk latihan mengapung, yaitu sebagai berikut.

a.) Masuk dalam Air
Belajar renang sebaiknya dilakukan di dalam kolam yang dangkal yaitu setinggi kurang lebih 1 meter. Untuk berlatih mengapung dengan masuk dalam air, dilakukan hal-hal berikut.

  1. Berlutut dengan menggerak-gerakkan lengan di bawah permukaan air.
  2. Berpeganglah pada pegangan khusus di sisi kolam dan tarik tubuh maju mundur, serta menjauhi dan mendekati dinding.
  3. Cari tangga masuk kolam yang terendam air, letakkan kedua tangan di atas permukaan tangga dengan menghadap ke bawah dan kepala menghadap ke dinding kolam, kemudian apungkan kaki terjulur ke belakang sehingga tubuh akan merasakan melayang di permukaan air, kemudian dilakukan naik turun di anak tanga sebanyak 5-6 kali.
  4. Berpeganglah di pinggir kolam renang, kemudian togok dan tungkai diluruskan atau diangkat ke permukaan air, kemudian mengambang dengan posisi telungkup, tangan lurus ke depan, dan kepala terangkat dari permukaan air.
b.) Mengapung
Latihan mengapung dapat dilakukan sebagai berikut.
  1. Tangan berpegang pada tiang atau parit dinding kolam, angkat kaki hingga tubuh dalam posisi terlungkup, dan gerakkan kedua kaki turun naik berulang-ulang sehingga tubuh merasakan mengambang di permukaan air.
  2. Berlatih mengapung dengan tangan memegang papan puncur masuk ke dalam air. Saat tangan memegang papan luncur, angkat kedua kaki hingga mengambang telungkup sehingga tubuh akan merasakan mengambang di permukaan air.

# Meluncur

Setelah dapat mengapung di atas permukaan air, latihan berikutya adalah latihan meluncur, caranya adalah sebagai berikut.

a.) Meluncur dengan Menolakkan Kaki pada Dinding
Berdiri di pinggir kolam renang, punggung membelakangi pinggir kolam, kemudian turunkan bahu ke dalam air sehingga hanya kepalanya yang berada di permukaan air. Tolakkan salah satu kaki pada dinding, tubuh meluncur ke depan, kaki tidak bergerak.


b.) Meluncur dengan Menggunakan Papan Luncur
Pegang papan luncur  di depan di atas permukaan air, bersamaan dengan mengangkat kedua tungai di permukaan air hingga posisi tubuh terangkat ke permukaan air. Gerakkan tungkai turun naik hingga badan bergerak ke depan meluncur.

c.) Meluncur Diawali dengan Loncatan
Dari posisi berdiri di pinggir kolam renang kedua lengan lurus di samping telinga, kemudian meloncat dengan menukik ke dalam air hingga posisi tubuh meluncur di permukaan air. Biarkan tubuh dengan sendirinya maju atau terdorong ke depan.

# Posisi Tubuh

Posisi tubuh saat berenang ialah streamline artinya sejajar dengan permukaan air. Tubuh harus berputar pada sumbunya dan hindari gerakan yang mengakibatkan posisi tubuh baik dan turun.


Nah, itulah Prinsip Dasar Keterampilan Berenang dan bagimana tata cara latihan berenang yang benar, demikian artikel informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Berenang (Mengapung, Meluncur, Posisi Badan)"

Post a Comment