Teknik Budidaya Tanaman Hias Secara Umum

Teknik budidaya tanaman hias secara umum - Tanaman hias adalah tanaman bunga bungaan yang berbentuk unik dan khas yang digunakan sebagai hiasan atau dekorasi, baik di dalam maupun diluar ruangan dengan tujuan untuk memperindah, mempercantik serta memiliki nilai lebih dari tanaman lainnya. Tanaman hias itu juga mencakup semua tumbuhan, baik berupa terna,merambat, semak, perdu atau pun pohon. Tanaman hias juga bisa dikategorikan sebagai fungsi tanaman dari hortikultura. berikut sedikit pembahasan mengenai teknik budidaya tanaman hias secara umum.

1. Media tanam

Hampir semua tanaman hias memerlukan media yang gembur, subur, cukup mengandung bahan organik, bebas dari hama, aerasi dan drainasi yang baik. Untuk menciptkan kondisi tersebut maka media yanam ideal adalah campuran baha organik dan bahan anorganik. Bahan organik dapat berupa cacahan pakis, kompis, humus, serutan kayu, arang sekam, cocopeat, dan sebagainya. Sedangkan bahan anorganik berupa tanah atau pasir.


Komposisi media yang digunakan untuk setiap nursery pasti berbeda-beda tergantung dari kondisi iklim setempat, campuran media tanam yang dapat digunakan diantaranya:
  • Sekam bakar dan cacahan pakis dengan perbandingan 4:1 untuk pupuk bisa menggunakan dekastar atau osmokot atau bisa juga pupuk kandang yang telah di fermentasi.
  • Sekam bakar, andam (kaliandra) dan pupuk kandang yang telah steril dengan perbandingan 1:1:1.
  • Humus, pupuk kandang steril dan pasir malang yang telah diayak halus dengan perbandingan 5:5:2.
Untuk menjaga kelembaban media dan mengatur drainase yang baik maka langkah pertama pot diisi terlebih dahulu dengan pecahan baya merah, pecahan genting, Styrofoam, dice coco (sabut kelapa yang dipotong dadu) sampai ¼ pot setengah itu baru media tanamnya diisi hingga penuh. Untuk menjaga tanaman terhindar dari jamur, cendawan dan bakteri sebiknya media harus dikukus setidaknya 1 jam.

2. Teknik budidaya bunga potong

Bunga poting adalah bunga yang memanfaatkan sebagai bahan rangkaian bunga untuk berbagai keperluan manusia. penggunaan bunga potong ini dimulai dari kelahiran, perkawinan sampai kematian, oleh karenanya bunga poting ini memiliki prospek yang cerah. Banyak henis bunga poting yang dibudidayakan untuk memenuhi kebutuhan seperti: krisan, mawar, anthurium, gladiol, dan lain-lain. Prinsip daya bunga potong pada dasarnya meliputi:
  • Penyiapan bibit.
  • Penyiapan bahan,
  • Penanaman.
  • Pemeliharaan.
  • Panen dan pascapanen.
Beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam budidaya bunga potong ini adalah: aspek ekologi produksi, aspek teknik hortikultura, aspek penanaman, dan apsek teknik budidaya.

a.) Aspek ekologi
Aspek ekologi yang terpenting dari teknik budidaya ini adalah iklim (ketinggian tempat, cahaya matahari, dan curah hujan), tanah (struktur dan pH tanah), air tanah (kedalaman air tanah). Aspek ini demikian penting terutama jika hendak menanam bibit jenis bunga impor. Kendala yang dihadapi jika menanam bunga impor adalah kendala lingkungan. Akan tetapi kendala ini dapat diatasi dengan berbagai teknik hortikultural yang dilaksanakan secara intensif.

b.) Aspek teknik hortikultura
Aspek teknik hortikultura penting dalam hal perbaikan mutu bunga potong melalui perbanyakan vegetatif dan generatif. Cara perbanyakan vegetatif maupun generatif sangat perlu diperhatikan untuk pengadaan bibit unggul. Teknik perbanyakan dengan penyambungan dapat membantu memperbaiki pertumbuhan bunga terhadap kondisi lingkungan yang buruk dan dapat memperbaiki kemampuan berbunga.

c.) Aspek penanaman
Aspek ini perlu diperhatikan dalam menyangkut ketersediaaan sumber daya lingkungan yang dapat mendukung pertumbuhan bunga poting. Kondisi suhu dan kesuburan tanah akan mempengaruhi jumlah populasi yang terdapat pada satu areal tertentu. Pada suhu tinggi misalnya maka dapat digunakan jarak tanam yang lebih rapat, begitu juga untuk tanah-tanah yang subur, Pemangkasan batang maupun akar, pengendalian tanaman, dan pemaksaan berbunga dapat membantu mengatasi kendala ekologi yang kurang cocok.

d.) Aspek teknik budidaya
Dalam memelihara tanaman dengan teknik budidaya kadang-kadang ditemui permasalahan karena adanya perubahan kebiasaan masyarakat setempat dari bertanam secara tradisional ke modern. Umumnya cara bertani tradisional menghasilkan mutu bunga yang kurang baik dibandingkan dengan cara modern. Pemberian paranet pada budidaya Aglonema memberikan hasil warna daun yang lebih menarik dibandingkan dengan tanpa paranet. Peningkatan mutu bunga juga dapat dilakukan dengan pengaturan pembungaan (memperbesar ukuran bunga, memperlebat jumlah bunga, memperpanjang masa berbunga). Memperbesar ukuran bunga dapat dilakukan dengan metode pemangkasan, yang hanya menyisakan beberapa kuntum bunga yang potensial bermutu tinggi.

3. Pascapanen

Mutu bunga potong bergantung pada penampilan dan daya tahan kesegarannya. Bunga dengan mutu prima mempunyai nilai jual lebih tinggi dibandingkan dengan bunga potong berkualitas rendah. Untuk mempertahankan mutu bunga dair panen sampai ke tangan komsumen perlu memerhatikan hal berikut ini.

a.) Penyimpanan
Cara menyimpan bunga potong ditentukan berdasarkan jenis bunganya. Cara penyimpanan antara lain dengan merendam tangkai bunga di dalam air, perlakuan kimia, dan dengan cara pendinginan. Teknologi penyimpanan sederhana yang sering dilakukan petani adalah merendam tangkai bunga dalam air bersih, bunga krisan sering diberi perlakukan perendaman dengan chrysal sebanyak 5g/air. Bunga Gladiol sering diberi perlakukan 4 ppm GA 60 ppm, magnesium sulfat 40 ppm atau air suling agar bunga ini tetap awet.

b.) Pengemasan
Pengemasan yang paling sederhana adalah dengan membungkus bunga dengan kertas koran. Salah satu bagian dibiarkan terbuka, kemudian dibungkus dengan kantong polietilen (PE) yang diberi lubang dan dikemas lagi dalam kantong tanpa libang pada kelembaban 80%, metode ini sering digunakan petani thailand dalam pengemasan bunga mawar.

c.) Pengangkutan
Pengangkutan bunga potong menjadi perhatian khusus karena erat kaitannya dengan ketahanan bunga untuk tetap segar sampai ke tangan konsuman.

Nah, itulah sedikit informasi dan pembahasan mengenai teknik budidaya tanaman hias secara umum, dan bagaimana teknik membudidaya bunga potong, skian dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Budidaya Tanaman Hias Secara Umum"

Post a Comment