Peraturan Lompat Jauh (Ukuran Balok, Tumpuan dan Bak Pendaratan)

Peraturan Lompat Jauh - Atletik mungkin adalah salah satu olahraga yang kurang populer atau kurang diminati oleh masyarakat, akan tetapi atletik memiliki prestasi yang besar dalam perolehan medali emas, khususnya bagi Indonesia. Hal tersebut, terbukti dengan tiga emas pada ajang SEA Games yang berasal dari cabang atletik, salah satunya adalah cabang olahraga lompat jauh.

Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga dalam Atletik yang memiliki bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kedua kaki ke depan atau dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara yang dilakukan dengan cepat melalui tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejuh-jauhnya.

Lompat jauh dilakukan dengan tujuan mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya menggunakan tumupan pada salah satu kaki yang paling kuat untuk mencapai jarak lompatan sejauh-jauhnya. Untuk dapat melakukan itu Anda harus memiliki kekuatan, kecepatan, dan penguasaan teknik lompatan yang baik.

Baca: Teknik Dasar Lompat Jauh (Awalan, Tolakan, Melayang, Mendarat)

Peraturan Dalam Lompat Jauh

Beberapa peraturan yang harus dipenuhi dalam penyelenggaraan lompat jauh yaitu sebagai berikut.
  1. Lintasan awalan lompat jauh lebar minimal 1,22 m dan panjang minimal 45 m.
  2. Panjang papan tolakan 1,22 m, lebar 20 cm, dan tebal 5 cm.
  3. Pada sisi dekat dengan tempat menolak harus diletakkan papan plastisin untuk mengetahui apabila kaki penolak melakukan kesalahan. Papan tolakan harus bewarna putih dan datar dengan tanah, minimal harus ditanam sejauh 1 meter dari tepi depan bak pasir pendaratan.
  4. Lebar tempat pendaratan minimal 2,75 m dan panjangnya minimal 10 m.
  5. Permukaan pasir di dalam tempat pendaratan harus datar dengan sisi atas papan tolakan.
  6. Apabila peserta lomba lebih dari 8 orang, setiap peserta hanya diperbolehkan melompat 3 kali lompatan, 8 pelompat dengan lompatan terbaik dapat melompat tiga kali lagi untuk menentukan pemenangnya. Apabila peserta hanya 8 orang atau kurang, semua peserta harus melompat 6 kali. Cara menantukan pemenangnya, yaitu dengan mengambil pelompat yang lompatannya paling jauh. 

Nah, itulah sedikit pengertian mengenai cabang atletik lompat jauh dan peraturan lompat jauh yang berlaku hingga sekarang. Demikian artikel yang dapat saya bagikan untuk Anda mengenai peraturan lompat jauh dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peraturan Lompat Jauh (Ukuran Balok, Tumpuan dan Bak Pendaratan)"

Post a Comment