Menganalisis Teks dalam Genre Makro dalam Berbagai Jenis Teks

Menganalisis teks dalam genre makro - Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, khususnya jenjang SMA/SMK kurikulum 2013, kita akan banyak diajarkan mengenai berbagai jenis teks yang mungkin belum pernah kita ketahui sebelumnya. Salah satunya adalah teks dalam genre makro, lalu apa itu teks genre makro?

Teks makro atau teks genre makro adalah sebuah teks yang berisikan tentang berbagai informasi yang berasal dari berbagai narasumber, diantaranya adalah teks wawancara, dan percakapan lainnya. Teks makro berbeda dengan teks mikro, perbedaan teks makro dapat dilihat dari struktur teksnya.

Baca: stuktur dan ciri kebahasaan genre makro

Analisis adalah suatu aktivitas yang memuat berbagai kegiatan seperti membedakan, membandingkan, mengurai, hingga memilah sesuatu untuk digolongkan atau dikelompokkan kembali menurut kriteria tertentu yang kemudian dicari kaitannya dan ditafsirkan maknanya. Dalam teks genre makro kita juga akan diajarkan mengenai analisis atau menganalisis genre makro, berikut ulasan lengkapnya beserta langkah-langkahnya.


Menganalisis Teks dalam Genre Makro dalam Berbagai Jenis Teks

Menganalisis adalah suatu cara mencari kesalahan, kekurangan, baik dari setruktur, dan ciri kebahasaan yang ada pada teks genre makro. Terdapat berbagai jenis teks dalam genre makro, seperti teks wawancara, teks percakapan telephone, percakapan layanan jual beli, surat lamaran pekerjaan, dan teks karya ilmiah. Untuk menganalisis teks genre makro kalian perlu memperhatikan langkah-langkah berikut.
  1. Memahami jenis teks genre makro apa yang akan dianalisi.
  2. Membaca teks genre makro tersebut.
  3. Menentukan struktur teks genre makro yang akan dianalisis.
Nah, itulah sedikit informasi mengenai cara menganalisi teks dalam genre makro dalam berbagai jenis teks. Demikian artikel mengenai bahasa Indonesia yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menganalisis Teks dalam Genre Makro dalam Berbagai Jenis Teks"

Post a Comment