Menyunting dan Mengabstraksi Teks Opini/Editorial

Teks Opini/editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial atau pun masalah ekonomi yang memiliki hubungan secara signifikan dengan politik.

Menyunting dan Mengabstraksi Teks Opini/Editorial

Menyunting teks opini bisa dikatakan sebagai kegiatan memperbaiki teks opini sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa teks opini, sedangkan mengabstraksi teks opini adalah meringkas teks opini dengan menuliskan garis besar teks tersebut dalam beberapa kalimat yang padu. Abtsraksi juga harus memperhatikan bagian-bagian penting dari suatu teks untuk disusun menjadi sebuah garis besar yang lengkap. Jadi, Menyunting dan mengabstraksikan teks opini/editorial adalah salah satu cara menelaah teks opini/editorial.

a. Menyunting teks editorial
Menyunting teks editorial merupakan kegiatan yang dilakukan untuk membenarkan teks editorial berdasarkan kaidah kebahasaan dan struktur teks yang ada pada teks editorial. Berikut merupakan langkah-langkah dalam menyunting teks editorial.

  1. Membentulkan ejaan kalimat berupa kesalahan penggunaan huruf kapital pada teks editorial.
  2. Membentulkan penggunaan kalimat kompleks pada teks editorial.
  3. Membentulkan penggunaan kata rujukan teks editorial.
  4. Membentulkan penggunaan konjungsi pada teks editorial.
  5. Mengurutkan bagian-bagian teks editorial berdasarkan struktur teksnya.

b. Mengabstraksi teks editorial
Mengabstraksi hampir sama dengan merangkum atau meringkas. Jadi,  mengabstraksi hanya mengambil pokok atau inti dari teks nya saja. Berikut langkah-langkah mengabstraksi teks editorial.
  1. Membaca isi teks.
  2. Menentukan ide pokok.
  3. Menentukan kalimat utama.
  4. Menentukan kata kunci.
  5. Merangkai kata kunci menjadi kalimat.
  6. Menyusun menjadi abstraksi.
Nah, itulah penjelasan beserta cara menyunting teks editorial dan mengabstraksi teks editorial. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyunting dan Mengabstraksi Teks Opini/Editorial"

Post a Comment