Memproduksi Teks Opini/Editorial Secara Mandiri

Teks editorial/opini adalah teks yang berisi pendapat pribadi seseorang terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu atau masalah tersebut meliputi masalah politik, sosial, atau  masalah ekonomi yang memiliki hubungan secara signifikan dengan politik. Teks editorial/opini banyak ditemukan di koran atau majalah.

Teks editorial/opini memiliki banyak tujuan, diantaranya adalah untuk mengajak pembaca agar ikut berpikir dalam masalah (isu/topik) yang sedang hangat terjadi di bicarakan masyarakat dan memberikan pandangan kepada pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Di dalam materi pelajaran bahasa Indonesia, khususnya jenjang SMA/SMK akan banyak diajari mengenai teks editorial/opini ini, salah satunya adalah memproduksi teks opini editorial secara mandiri. Lalu apa itu memproduksi teks opini/editorial secara mandiri, berikut penjelasannya.

Memproduksi Teks Opini/Editorial Secara Mandiri

Memproduksi Teks opini/editorial adalah membuat sebuah teks opini/editorial dengan kreasi Anda sendiri berdasarkan pengamatan fenomena yang sedang hangay dibicarakan di kalangan masyarakat dengan memperhatikan struktur yang membangun teks editorial dan kaidah kebahasaan yang ada pada teks editorial tersebut.


Berikut merupakan langkah-langkah dalam memproduksi teks editorial/opini.
  1. Menentukan tema dan judul teks editorial.
  2. Membuat struktur teks editorial/opini yang berisikan penyataan pendapat, argumentasi, dan pernyataan pendapat.
  3. Menentukan ide pokok yang akan ditulis dan dikembangkan berdasarkan data yang diperoleh kedalam kerangka teks editorial berdasarkan struktur teksnya.
Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai cara memproduksi teks opini/editorial secara mandiri beserta langkah-langkahnya, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Memproduksi Teks Opini/Editorial Secara Mandiri"

Post a Comment