Langkah-Langkah Mengonversi Teks Opini/Editorial

Teks opini/editorial adalah sebuah karangan yang berisi mengenai kupasan masalah aktual atau yang baru saja terjadi dan masih menjadi pembicaraan hangat di masyarakat. Sedangkan Tajuk rencana adalah artikel pokok dalam surat kabar yang merupakan pandangan redaksi terhadap peristiwa yang sedang menjadi pembicaraan pada surat kabar yang diterbitkan tersebut.

Dalam tajuk rencana biasanya diungkapkan adanya informasi atau masalah aktual, penegasan pentingnya masalah, opini redaksi tentang masalah tersebut, kritik dan saran atas permasalahan, serta harapan redaksi akan peran serta pembaca.

Dalam materi pelajaran bahasa Indonesia khususnya jenjang SMA/SMS, kita akan banyak diajarkan mengenai teks opini editorial, mulai dari pengertian, menyunting dan mengabstraksi teks opini/editorialmemproduksi teks opini/editorial secara mandiri, hingga mengonversi teks opini editorial. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai mengonversi teks opini/editorial, berikut ulasaanya beserta langkah-langkahnya.


Mengonversi Teks Opini/Editorial

Teks Editorial merupakan sebuah karangan yang bersifat argumentatif yang ditulis oleh redaktur media massa tentang hal-hal yang bersifat faktual dan aktual (Sedang terjadi dan ramai dibicarakan oleh orang). Adapun isi teks merupakan pandangan atau tanggapan dari penulis tentang suatu permasalahan atau peristiwa.

Berikut merupakan langkah-langkah dalam mengonversi teks editorial/opini.

  1. Mencari salah satu teks editorial di berbagai sumber media.
  2. Membaca teks editorial tersebut dengan saksama.
  3. Mengubah kata-katanya menjadi teks lain dengan struktur teks yang berbeda.
Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai bagaimana mengonversi teks opini/editorial beserta langkah-langkahnya. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Langkah-Langkah Mengonversi Teks Opini/Editorial"

Post a Comment