Contoh Artikel Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri

Apa yang dimaksud dengan disiplin? Apakah disiplin diperlukan dalam belajar? Disiplin belajar adalah kesadarakn diri untuk mengendalikan atau mengontrol diri untuk sungguh-sungguh belajar. Tujuannya adalah agar mampu mencapai prestasi belajar. Kedisiplinan merupakan dasar untuk meraih prestasi.

Seringkali siswa merasa kekurangan waktu untuk belajarnya. Namun, mereka sebenarnya hanya kurang memiliki ketekunan dan disiplin untuk menggunakan wakti secara efesien. Penggunaan atau pemanfaatan waktu dengan baik menumbuhkan disiplin waktu. Anak yang tekun dalam belajar akan menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Ia juga tidak merelakan waktunya hilang dan berlalu dengan sia-sia. Disiplin waktu membuat berpikir lebih hati-hati dan lebih terpusat.

Siswa yang pada dirinya tertanamkan sikap disiplin akan selalu mencari dan menentukan cara belajar yang tepat baginya. Kebiasaan  berlatih mengerjakan soal-soal latihan serta mengerjakan pekerjaan rumah dengan disiplin, membuat siswa tidak akan terlalu kesulitan dalam belajarnya. Selain itu, siswa dapat dengan mudah mengerjakan setiap pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru. Cara yang demikian itu jika dilakukan dengan penuh kesadaran dan disiplin tinggi, maka akan menjadi suatu kebiasaan. Kebiasaan dalam belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar.

Kebiasaan belajar yang baik dan disiplin diri, harus sedini mungkin ditanamkan dalam diri siwa. Kedua hal ini sangat mendukung kesuksesan belajar. Belajar untuk mendapatkan hasil yang baik sesuai dengan yang diharapkan mutlak memerlukan kedisiplinan.

Jadi, kedisiplinan sangat menekankan pada ketaatan melaksanakan aturan-aturan yang ada. Dengan kedisiplinan seorang siswa akan dapat meraih apa yang diharapkan, utamanya adalah dalam belajar, yaitu memperoleh prestasi yang baik.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Artikel Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri"

Post a Comment