Contoh Teks Negosiasi Kerjasama Antar Perusahaan

Contoh teks negosiasi antara perusahaan dengan perusahaan - Teks Negosiasi Teks Negosiasi adalah bentuk interaksi sosial yang bertujuan untuk mencapai kesepakatan diantara pihak-pihak yang mempunyai kepentingan yang berbeda. Kedua pihak yang melakukan negosiasi mempunyai hak terhadap hasil yang akan disepakati. Hasil akhir negosiasi harus mempunyai persetujuan dari semua pihak sehingga semua pihak menerima hasil akhir dengan kesepakatan bersama.

Banyak hal dari kehidupan sehari-hari yang bisa di jadikan contoh Teks Negosiasi, karena banyak perundingan dan kesepakatan yang dilakukan leh beberapa orang. Salah satunya adalah negosiasi mengenai dua perusahaan seperti dibawah ini.


   PT Sarana Mulia menawarkan perlengkapan kantor kepada PT Wahana Karya. Perlengkapan kantor tersebut antara lain 40 meja kursi merk Nyaman, mesin fotokopi merk Conan, lemari arsip merk Olympia, dan komputer dengan berbagai merk. Perlengkapan kantor tersebut ditawarkan dengan harga Rp. 150.000.000 bisa dinego.
   PT Wahana Karya tertarik untuk mengajukan permintaan dan mengirimkan wakilnya untuk menegosiasikan hal tersebut. Berikut ini adalah kutipan negosiasi antara wakil dari PT Sarana Mulia (yang selanjutnya disebut A) dan wakil dari PT Wahana yang selanjutnya disebut B).

A : "Selamat pagi. Terima kasih atas kedatangan Ibu di perusahaan kami."
B : " Selamat Pagi. Perusahaan kami pun sangat berharap banyak dengan niat kerja sama dengan perusahaan Bapak ini."
A : "Kami pun mengharapka hal itu. Silahkan Bu."
B : "Perusahaan kami tertarik untuk membeli 20 komputer berikut perlengkapannya. Sebelumnya kami ingin mengetahui berapa harga yang diajukan oleh perusahaan Bapak?"
A : "Perusahaan kami sangat senang dengan apresiasi dari perusahaan Ibu atas penawaran yang diberikan oleh perusahaan kami. Mengingat bahwa perusahaan kami dan perusahaan Ibu telah lama menjalin kerja sama, tentu kami akan menawarkan harga yang menarik. Kualitas barang yang kami tawarkan pun bukan kelas bawah. Kami selalu menerapkan filosofi pembeli adalah raja, dan raja harus diberikan yang terbaik. Perusahaan kami menawarkan harga untuk 20 komputer tersebut beserta perlengkapannya dengan harga Rp. 85.000.000. Kami pun memberikan bonus berupa 2 pasang meja kursi komputer jika perusahaan Ibu berkenan dengan harga yang kami tawarkan."
B : "Perusahaan kami sangat tertarik dengan harga yang Bapak tawarkan. Mengingat bahwa perusahaan kami dan perusahaan Bapak telah bekerja sama, kami bermaksud untuk mengajukan permintaan harga Rp. 65.000.000. Harga yang kami minta adalah harga yang pas untuk diajukan kepada perusahaan sebesar perusahaan Bapak."
A : "Seperti yang Ibu ketahui, perusahaan kami tidak pernah menjual barang rendah kualitas. Harga kami sesuaikan dengan kualitas barang."
B : "Perusahaan kami sangat memahami hal tersebut. Potongan harga yang kami inginkan anggaplah sebagai sebagai sarana untuk mempererat kerja sama dan saling menguntungkan."
A : "Perusahaan kami bisa memberikan penunjang lain untuk perlengkapan komputer di perusahaan Ibu. Adaptor misalnya."
B : "Kami tertarik dengan penawaran Bapak. Kami menjaukan harga Rp. 75.000.000 untuk 20 komputer, 2 pasang meja kursi, dan 20 adaptor untuk komputer yang ingin kami beli.
A : "Harga tersebut masih kurang sesuai dengan kualitas barang dan apa yang kami berikan. Kualitas barang kami selalu kami kedepankan."
B : "Kami rasa harga tersebut sudah sangat sesuai dengan apa yang perusahaan Bapak berikan."
A : "Ibu bisa membandingkan harga dari perusahaan penyedia perlengkapan kantor lain. Perusahaan kami selalu yang terbaik. Perusahaan kami dan perusahaan Ibu telah bekerja sama dalam waktu yang lama. Melihat hal tersebut harga Rp. 80.000.000 akan bisa mempererat kerja sama tersebut.
B : "Kami setuju dengan harga tersebut. Kami berterima kasih atas kerja samanya. Semoga ini bisa mempererat kerja sama perusahaan kami dan perusahaan Bapak."
A : "Terima kasih atas kerja samanya. Terima kasih telah mempercayai perusahaan kami. Barang akan segera kami sediakan dan kirimkan.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Negosiasi Kerjasama Antar Perusahaan"

Post a Comment