Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Instruksi atau Penggunaan

Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap - Teks prosedur kompleks adalah teks yang berisi penjabaran langkah-langkah atau tahapan-tahapan yang harus ditempuh untuk mencapai suatu tujuan. Teks prosedur kompleks dibagi menjadi 3 yaitu Teks yang menjelaskan bagaimana sesuatu bekerja atau teks yang menjelaskan cara menggunakan sesuatu, teks yang menunjukkan cara melakukan aktivitas tertentu, dan teks yang berhubungan dengan tingkah laku manusia. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan contoh teks prosedur kompleks mengenai pedoman instruksi atau penggunaan, yaitu cara mengemukan mobil yang baik dan benar.

Cara Mengemudikan Mobil yang Baik dan Benar

Berkendara di jalanan umum dengan kendaraan seperti mobil memerlukan antisipasi dan persiapan tersendiri yang lebih dibandingkan berkendara dengan motor dan sejenisnya. Sekalipun mobil telah mendapatkan perawatan rutin, hingga memiliki mesin, ban, serta sistem pengereman yang baik, bukan berarti kita telah cukup dalam mempersiapkan diri untuk terhindar dari bahaya di jalan raya. Untuk itu, berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda lakukan sewaktu akan mengendarai mobil Anda di jalan raya.

  1. Melakukan pemeriksaan pada kendaraan Mobil Anda, seperti memeriksa minyak rem, tekanan angin pada ban, mengecek lampu indikator, memeriksa bagian bawah kendaraan dari kebocoran oli, dan sebagainya. Intinya, pastikan kondisi mobil Anda sudah cukup prima untuk berjalan. Mengemudikan mobil dengan beban berlebih tentu tidak baik, selain mengganggu kesembangan juga akan memboroskan bahan bakar. Untuk itu sebaiknya pindahkan berbagai barang-barang yang kurang penting dari dalam kendaran Anda.
  2. Gunakan sabuk pengaman (Safety belt) dengan baik dan benar, yaitu dengan menyilangkan dari bagian tulang bahu ke pinggul. Dengan demikian badan Anda bisa terjaga dengan baik jika terjadi benturan atau entakan mendadak.
  3. Posisikan dengan baik perangkat spion mobil bagian dalam dan luar, sehingga Anda bisa melihat secara bebas berbagai posisi dari badan mobil dan kendaraan sekitarnya dengan leluasa. Untuk bagian tak terlihat, usahakan untuk menengokkan kepada seperti saat di mana Anda perlu untuk berpindah jalur atau berputar arah.
  4. Peganglah setir sesuai dengan prosedur, yaitu idealnya posisi genggaman tangan ada di arah jam 3 dan jam 9. dan gunakanlah jari Anda ketika perlu untuk menyalakan lampu belok atau wiper.
  5. Fokuslah dalam mengemudikan mobil, hilangkan berbagai pikiran yang menggangu konsentrasi Anda saat berkendara. Berbagai aktivitas mengganggu juga perlu ditinggalkan seperti merokok ataupun menelpon. Jika hal tersebut memang dirasa perlu untuk dilakukan, sebaiknya Anda terlebih dahulu menepi atau gunakan handsfree untuk memudahkan dalam berkomunikasi telepon.
  6. Jagalah jarak aman, baik sisi samping kiri dan kanan, serta depan dengan kendaraan lain untuk menghindari keadaan mendadak, karena dengan besarnya ruang dan jarak Anda akan mampu melakukan antisipasi.
  7. Sekalipun mobil Anda sudah mendukung teknologi ramah lingkungan lakukan pengoperan gigi transmisi pada 2.000 rpm sampai dengan 2.500 rpm. Karena mesin berbahan bakar bensin umumnya baru bekerja optimal di kisaran putar 2.000-2.500 rpm.
  8. Matikan mesin mobil jika Anda berhenti atau menepi selama lebih dari 1 menit, karena mesin mobil yang hidup dalam keadaan diam selama 3 menit sama artinya seperti mobil melakukan perjalanan 1 jam pada kecepatan rata-rata 50 km/jam.


Nah, itulah contoh teks prosedur kompleks mengenai cara mengemudikan mobil yang baik dan benar, sekian informasi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Prosedur Kompleks Tentang Instruksi atau Penggunaan"

Post a Comment