Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat

Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat - Teks prosedur kompleks adalah teks yang ditata dengan struktur teks tujuan langka-langkah. yang dimaksud tujuan disini adalah hasil akhir yang akan dicapai. adapun langkah-langkah adalah cara-cara yang ditempuh agar tujuan itu tercapai.. teks prosedur komleks harus urut dan tidak boleh di bolak-balik. Atau singkatnya adalah teks yang menjelaskan langkah-langkah, tahapan atau hal yang harus dilakukan oleh seseorang untuk mencapai tujuan tertentu.

Tahukah Anda peranan teks prosedur dalam kehidupan sehari-hari? Pada dasarnya teks prosedur berisi aktivitas yang biasa kita temui dan kita lakukan dalam keseharian kita. Secara tidak langsung teks prosedur menuntun kita dalam melakukan atau menyelesaikan suatu hal yang dilakukan melalui beberapa langkah, walupun terkadang kita tidak menyadarinya. Dapatkan Anda menyebutkan beberapa contoh teks prosedur? Berikut salah satu contoh singkatnya.


Cara Sederhana Menguji Kualitas Air

   Untuk menguji kualitas air, seperti kekeruhan, berwarna, dan berbau dapat langsung dideteksi dengan pancaindra. Namun, air yang terlihat jernih dan tidak berbau belum tentu aman digunakan untuk minum. Karenanya, perlu diuji kualitasnya apakah memenuhi syarat kesehatan atau tidak.

   Analisis kualitas air dapat dilakukan di laboratarium maupun secara sederhana. Pemeriksaan di laboratorium akan menghasilkan data yang lengkap dan bersifat kuantitatif, namun biayanya cukup mahal. Analisis secara sederhana dapat dilakukan sendiri di rumah, untuk menguji kandungan kimia dalam air, yaitu sebagai berikut.

1. Alat dan Bahan
  • Air yang akan diuji atau diperiksa.
  • Air teh.
  • Gelas.
2. Langkah-Lankah Pengujian
  • Setengah gelas air yang akan diperiksa dicapurkan dengan segelas air teh.
  • Selanjutnya diamkan dalam keadaan terbuka hingga satu malam.
  • Periksalah apabila ada perubahan warna, lendir, dan lapisan seperti minya di permukaan.
3. Keterangan
   Semakin cepat perubahan yang terjadi pada air teh menunjukkan tinggi kandungan kimiawi air tersebut. Bila perubahannya lambat atau baru berubah setelah pengamatan satu malam, kandungan kimiawi air lebih sedikit, namun air tersebut tetap kurang baik untuk dikonsumsi. Dapat digunakan untuk keperluan lain, kecuali untuk dikonsumsi.

   Air yang tingkat kesadahan dan memiliki kandungan logam tinggi dapat terlihat bila air teh berubah menjadi hitam, ungu, atau biru. Bila tetap bewarna seperti air teh, maka secara kimiawi kualitas air tersebut baik.

Nah, itulah contoh singkat teks prosedur kompleks yang dapat saya bagikan untuk Anda, semoga artikel ini dapat membantu beberapa tugas yang sedang Anda kerjakan. Sekian dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Prosedur Kompleks Singkat"

Post a Comment