Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Tempat Wisata

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi - Laporan adalah segala sesuatu yang disampaikan atau diinformasikan baik secara lisan maupun secara tertulis setelah melakukan suatu kegiatan/penelitian. Laporan dapat dibuat berdasarkan pengamatan (observasi) terhadap keadaan, objek, atau peristiwa tertentu. Melaporkan sesuatu perlu memahami tentang tata cara menyusun laporan dengan baik dan benar. Laporan dikatakan baik jika sesuai dengan kaidah penyusunan laporan, dikatakan benar apabila yang dilaporkan sesuai dengan fakta dan mencakup semua unsur yang dilaporkan. Tujuan dari teks laporan adalah memberikan pengetahuan atau informasi yang sejelas-jelasnya kepada pembaca.


Nah, berikut ini adalah contoh teks laporan hasil observasi mengenai tempat wisata di Gili Trawangan. Baca: Pengertian, Kaidah dan Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Fasilitas Wisata di Gili Trawangan

   Gili Trawangan adalah gili yang terbesar jika dibandingkan ketiga pulau kecil atau gili yang terdapat di Sebelah barat Laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Di antara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam seperti kedai "Tir na Nog" yang mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar irlandianya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.

   Trawangan punya nuansa "pesta" lebi daripada Gili Meno dan Gili Air karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat bagi para wisatawan yang ingin belajar berkuda mengelilingi pulau.

   Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor, karena tidak diizinkan oleh aturan lokal. Satana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.

   Gili Trawangan Memerlukan penataan jalan yang menjadi akses utama bagi para wisatawan yang ingin berkeliling pulau dengan sepeda. Belum adanya jalur yang nyaman untuk berjalan kaki dan bersepeda bagi para pengunjung tentu menjadi bulai minus tersendiri untuk Gili Trawangan. Di beberapa titik masih terdapat jalur berpasir, berlumpur, dan becek yang tidak nyaman untuk para wisatawan. Akan lebih baik jika dibuat jalur yang terpisah antara pejalan kaki, pengguna sepeda, dan cidomo. Akses berupa jalan setapak berpaving bisa menjadi alternatif demi kenyamanan pengendara sepeda dan pejalan kaki, namun tentu pelaksanaan ini jangan sampai mengurangi eksotisme wisata pantai di Gili Trawangan.

   Terlepas dari beberapa kekurangan yang ada, Gili Trawangan merupakan objek wisata yang menarik serta nyaman untuk dikunjungi.


Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Contoh Teks Laporan Hasil Observasi Mengenai Tempat Wisata"

Post a Comment