[Taktik dan Strategi] Dalam Permainan Bola Basket

Taktik dan strategi bola basket - Taktik dan strategi merupakan hal yang penting dalam bermain bola basket dan olahraga lainnya. Taktik dan strategi merupakan dua istilah yang sering disamakan pengertiannya. Memang keduanya mengandung pengertian siasat atau budi daya akal juga sebagai pola pemikiran yang diterapkan untuk menghadapi lawan dalam rangka memperoleh kemenangan secara sportif. Bedanya hanya pada saat penerapannya. Taktik merupakan siasat yang penerapannya di dalam pertandingan, sedangkan strategi adalah siasat yang dibuat sebelum atau menjelang pertandingan.

Dengan demikian, taktik yang diberikan sangat bergantung pada kepada kemampuan si atlet, sedangkan strategi bergantung kepada peran dan kemampuan pelatih. Jadi, keberadaan kedua unsur tersebut sangat diperlukan di dalam pertandingan agar memperoleh kemenangan secara sportif.

#Taktik Dalam Bola Basket

Taktik adalah suatu siasat atau pola pikir tentang bagaimana menerapkan taktik-taktik yang telah dikuasai di dalam bermain untuk menyerang lawan secara sportif guna mencari kemenangan. Dengan kata lain, taktik adalah siasat yang dipakai untuk menembus pertahanan lawan secara sportif sesuai dengan kemampuan yang telah dimilikinya. Ciri-cirinya sebagai berikut.
  1. Mengembangkan daya nalar, kreatif, dan pengambilan keputusan yang tepat.
  2. Menganalisa kesiapan fisik, teknik, dan mental agar lawan melakukan apa yang dikehendaki.
  3. Mencari kemenangan secara efektif dan efisien.
  4. Mementapkan mental juara.
  5. Mengendalikan emosi.
  6. Mencegah cedera.
  7. Mengantisipasi kekuatan dan kelemahan lawan.

Jenis-jenis taktik, yaitu sebagai berikut.
  • Defense/bertahan.
  • Transisi dari bertahan menuju menyerang.
  • Offense/penyerangan.
  • Transisi dari menyerang menuju bertahan.

Berikut contoh-contoh taktik dalam basket.

1. Pick and Roll
Pick and roll dalam basket adalah bermain offensif dimana seorang pemain  pembawa bola menetapkan salah seorang temannya untuk menghalangi pemain musuh yang menjaga si pembawa bola serta memberi jalan agar pembawa bola bisa masuk ke daerah lawan, dan setelah si pembawa bola lewat maka teman yang jadi screen tadi lari di antara penjaga yang ia tutupi dan minta umpan kepada si pembawa bola.

2. Zone Defense
Zone defense biasanya memberikan masalah tersendiri bagi pelatih baru. Dari berbagai pengalaman, formasi zone defense yang sering diterapkan yaitu 2-3, 1-3-1, 3-2, 1-1-3, 2-1-1, dan 1-2-2. Pelajaran utama yang didapatkan ketika menghadapi lawan dengan strategi zone defense tersebut adalah ketika bola berada di area corner, setiap formasi zone defense berubah menjadi 1-2-2. Berdasarkan hal tersebut, kita dapat mengembangkan "Folosofi Serangan terhadap Zone Defense". yang akan membahas berbagai topik sebagai berikut.
  • Prinsip serangan terhadap zone defense.
  • Strategi offense untuk melawan zone defense.
  • Set play yang bisa diterapkan untuk melawan zone defense.


Pola dasar pertahanan dalam bola basket antara lain sebagai berikut.

1. Pola 2-1-2
Pemain nomor 1 dan 2 sebagai pemain bertahan, pemain nomor 3 dan 4 sebagai pemain penyerang, sedangkan pemain nomor 5 sebagai pemain tengah yang berperan  sebagai pengatur serangan.

2. Pola 2-3
Pemain nomor 1 dan 2 sebagai pemain yang mengatur penyerangan, pemain nomor 3 sebagai pemain depan, pemain nomor 4 sebagai center, sedangkan pemain nomor 5 sebagai pembuka untuk melakukan penyerangan pada lingkaran tembakan hukuman.

3. Pola 3-2
Pemain nomor 1, 2, dan 3 adalah pemain yang memprakarsai gerakan penyerangan ke daerah lawan, sedangkan pemain nomor 4 dan 5 sebagai pemain tengah.

#Strategi Dalam Bola Basket

Strategi adalah suatu siasat atau pola pikir yang digunakan sesaat sebelum pertandingan dimulai untuk mencari kemenangan scara sportif. Ciri-cirinya sebagai berikut.
  1. Siasat yang disusun sebelum pertandingan dimulai.
  2. Penyusunan siasat didasari kondisi, tempat, dan sistem yang dipakai.
  3. Mengutamakan pada hasil observasi kekuatan lawan.
  4. Lebih pada latihan otomatisasi, pola, serta tipe penyerangan dan pertahanan individu, kelompok, atau tim.
  5. Keberadaan pelatih lebih berperan daripada si atlet.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai taktik dan strategi dalam permainan bola basket, demiian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[Taktik dan Strategi] Dalam Permainan Bola Basket"

Post a Comment