Pengertian Taktik Penyerangan dan Pertahanan Pencak Silat

Taktik menyerang dan bertahan Pencak Silat - Belajar Pencak Silat tidak hanya untuk sebuah kompetisi atau turnamen, tetapi pencak silat merupakan suatu olahraga yang sekaligus ilmu pertahanan diri. Mempertahankan diri dari kejadian yang tidak di inginkan sangatlah penting sehingga kita dapat menjaga diri sendiri dan lingkungan sekitar kita dari kejahatan. Pencak silat adalah olahraga bela diri yang diwariskan secara turun menurun dan merupakan gabungan dari unsur seni dan bela diri.

Taktik  Dalam Pencak Silat

Taktik merupakan siasat atau akal yang digunakan pada saat pertandingan untuk mencari kemenangan secara sportif. Taktik dalam pertandingan pencak silat dibedakan menjadi dua, yaitu taktik menyerang dan taktik bertahan. Berikut penjelasan mengenai keduannya.

a. Taktik Penyerangan
Taktik penyerangan merupakan suatu siasat yang dilancarkan kepada lawan dengan tujuan mematahkan pertahanan lawan untuk mencari kemenangan dalam bertanding secara sportif. Serangan dapat dibagi jenisnya berdasarkan bagian tubuh yang digunakan untuk melakukan serangan, yaitu serangan lengan atau serangan tangan yang lazim disebut pukulan atau serangan tungkai atau kaki yang lazim disebut dengan tendangan.


Serangan pesilat harus dapat membaca taktik lawannya sehingga pesilat dapat dengan mudah menemukan titik kelemahan dari lawan. Pencak silat tidak selalu harus menggunakan tenaga yang besar. Namun, dengan taktik yang cerdik dan dapat membaca gerak-gerik lawan, berbagai kemungkinan bisa diantisipasi lebih awal.

b. Taktik Pertahanan
Taktik pertahanan merupakan suatu siasat yang dilakukan kepada lawan dengan tujuan menahan atau menghindari serangan lawan (pembelaan) supaya tidak mengalami kekalahan dalam pertandingan. Pembelaan sangat penting dalam pencak silat. Oleh karena itu, setiap pesilat harus menguasai teknik dasar yang satu ini. Taktik pertahanan dalam pencak silat meliputi teknik elakan atau tangkisan dan hindaran.

Prinsip pembelaan harus dipupuk menjadi sikap pembelaan diri secara mental, jiwa, dan teknik. Taktik pembelaan pun mempunyai tingkatan. Tingkatan pembelaan terdiri dari pembelaan dasar, pembelaan lanjutan, dan pembelaan teknik. Teknik pembelaan harus sesuai dengan teknik menyerang
dan bertahan.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai taktik menyerang dan bertahan dalam pencak silat, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Taktik Penyerangan dan Pertahanan Pencak Silat"

Post a Comment