Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh yang Baik dan Benar

Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat dengan mengangkat kedua kaki ke depan atau dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin melayang di udara yang dilakukan dengan cepat melalui tolakan satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Lompat jauh dilakukan dengan tujuan mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya menggunakan tumpuan pada salah satu kaki untuk mencapai jarak lompatan yang sejauh-jauhnya, Anda harus memiliki kekuatan, kecepatan, dan penguasaan teknik lompatan yang baik.

Gaya lompat jauh yang sering dipergunakan dalam perlombaan ada tiga, yaitu gaya jongkok, gaya menggantung, dan gaya berjalan di udara. Nah, untuk penjelasan lebih jauh mengenai teknik lompat jauh yang benar bisa dilihat dibawah ini.

Teknik Dalam Melakukan Lompat Jauh

Untuk memperoleh suatu hasil yang optimal dalam lompat jauh, selain melompat harus memiliki kekuatan, daya ledak, kecepatan, ketepatan, kelentukan, dan koordinasi gerakan, juga harus memahami dan menguasai teknik gerakan lompat jauh. Adapun teknik lompat jauh yang harus dikuasai ada beberapa tahapan, yaitu awalan, tolakan, sikap badan di udara, dan sikap dalam mendarat.

a. Tahapan Awalan
Awalan atau ancang-ancang adalah gerakan permulaan dalam bentuk lari untuk mendapat kecepatan pada saat akan melakukan tolakan atau lompatan. Awalan untuk mendapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan. Panjang lintasan awalan untuk melakukan lari tidak kurang dari 45 meter. Untuk mendapatkan hasil lompatan yang maksimal, setiap melakukan lompatan harus selalu bertumpu pada balok tolakan dan menggunakan kaki yang terkuat. Cara melakukan awalan adalah sebagai berikut.
  1. Lari awalan bergantung dari masing-masing kemampuan pelari.
  2. Kecepatan berlari ditambah sedikit demi sedikit sebelum sampai pada balok tolakan. Kecepatan lari dipertahankan tetap maksimal sampai balok tolakan.
  3. Pinggang turun sedikit pada satu langkah akhir lari.

b. Tahap Tolakan atau Tumpuan
Tolakan adalah perubahan atau perpindahan gerakan dari gerakan horizontal ke gerakan vertikal yang dilakukan secara cepat. Sebelumnya, pelompat sudah mempersiapkan diri untuk melakukan gerakan sekuat-kuatnya pada langkah terakhir hingga seluruh tubuh terangkat ke atas melayang di udara. Cara melakukan tolakan atau tumpuan tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Ayunkan paha kaki yang tidak digunakan untuk menumpu secara cepat ke posisi horizontal dan dipertahankan.
  2. Luruskan sedikit mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan.
  3. Tolakan dilakukan dengan arah ke depan atas (sudut tolakan 45°).

c. Tahap Melayang di Udara
Sikap badan melayang di udara adalah sikap setelah menolakkan kaki pada balok tumpuan, yaitu saat badan melayang di udara bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jauhnya hasil lompata bergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, serta pelompat dalam meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya. Pada tahap melayang di udara, ada tiga teknik berbeda yang dapat digunakan, bergantung penguasaan teknik pelompat. Ketiga gaya tersebut yaitu mengantung, jongkok, dan berjalan di udara.

d. Tahap Mendarat
Sikap mendarat pada lompat jauh baik gaya jongkok, gaya menggantung, maupun gaya berjalan di udara adalah sama. Pada waktu akan mendarat, kedua kaki lurus ke depan dengan mengangkat paha , ke atas, badan dibungkukkkan ke depan, dan kedua tangan ke depan. Mendarat dilakukan pada tumit terlebih dahulu dan mengeper, kedua lutut dibengkokkan (ditekuk), berat badan ke depan supaya tidak jauh ke belakang, kepala ditundukkan, serta kedua tangan ke depan. Cara melakukan pendaratan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Lengan dan badan ditarik ke depan bawah, begitu juga kaki ditarik mendekati badan.
  2. Luruskan kaki dan tekuk lagi sedikit sesaat sebelum menyentuh tanah.
  3. Pada waktu kedua kaki telah mendarat di bak pasir, duduklah atas kedua kaki.

Nah itulah sedikit penejelasan mengenai teknik lompat jauh beserta cara melakukan teknik tersebut dengan benar. Demikian artikel yang dapat saya bagikan mengenai penjaskes dan semoga bermanfaat.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Teknik Lompat Jauh yang Baik dan Benar"

Post a Comment