Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Kesehatan » Penjaskes » 5 Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru

5 Bentuk Latihan Untuk Meningkatkan Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru

1 min read

Daya Tahan Jantung dan Paru-Paru –Melakukan latihan kebugaran jasmani sangat bermanfaat bagi tubuh kita jika dilakukan dengan rajin. Salah satu manfaatnya adalah meningkatkan sirkulasi darah ada tubuh, alasannya saat tubuh bergerak, secara otomatis sirkulasi darah mengalami peningkatan. Peningkatan sirkulasi darah ini akan memengaruhi kinerja jantung beserta organ tubuh lainnya.

Latihan kebugaran jasmani juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru. Beberapa bentuk latihan yang bertujuan meningkatkan daya tahan jantung dan paru-paru antara lain fartlek, latihan interval, lari jarak jauh, renang jarak jauh, dan cross country.

1. Fartlek (Speed Play)

Fartlek (speed play) adalah latihan yang dilakukan di alam terbuka dengan suasana alam yang tidak membosankan. Kondisi alam yang dipilih adalah kondisi alam yang berbukit-bukit, mempunyai semak belukar, atau berpasir. Ketika melakukan fartlek, pelaku dapat melakukan latihan sambil menikmati suasana alam.

2. Latihan Interval (interval Training)

Latihan interval (interval training) adalah latihan yang dilakukan dengan diselingi interval istirahat untuk menghadapi latihan berikutnya. Ssebagai contoh, untuk latihan dasar dengan cara berlari sejauh 2.000 meter, dilakukan dengan membagi-bagi jarak tempuh berlari. Pembagian jarak tempuh dapat dibuat sebanyak 10 x 200 meter dengan waktu masing-masing 45 detik. Istirahat untuk setiap pengulangan adalah 3 menit.

3. Lari Jarak Jauh (Long Running)

Lari jarak jauh (long running) sebaiknya dilakukan di tempat yang suasana alamnya masih alami sehingga polusi udaranya masih sedikit. Walaupun demikian, lari jarak jauh juga dapat dilakukan di jalan raya pagi hari ketika udara masih segar.

4. Renang Jarak Jauh (Long Swimming)

Renang jarak jauh (long swimming) dilakukan dengan cara menetapkan target waktu atau jarak tempuh sesuai dengan lebar atau panjang kolam renang yang digunakan. Selain itu, latihan ini dapat juga dilakukan di sebuah sungai yang luas dan panjang atau bahkan di laut.

5. Cross Country

Cross Country atau lintas alam adalah lari jarak jauh yang dilakukan di alam terbuka yang masih alami, seperti melalui pegunungan, perbukitan, persawahan, persawahan, perkebunan, dan hutan.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *