TEKS EKSPLANASI (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah, Ciri, Contoh)

Teks Eksplanasi - Dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia, kita akan menemui banyak sekali jenis teks, dan pada teks-teks tersebut mempunyai penjelasan dan contoh yang berbeda-beda. Salah satu teks tersebut adalah Teks Eksplanasi, apa itu teks eksplanasi, bagaimana cirinya, kaidahnya, dan contohnya, untuk penjelasan lengkapnya bisa dilihat dibawah ini.

Pengertian Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi adalah sebuah teks yang berisi tentang proses "mengapa & bagaimana" suatu peristiwa atau kejadian alam, ilmu pengetahuan, sosial, budaya, dan lainnya bisa terjadi. Semua peristiwa, baik peristiwa alam ataupun sosial yang terjadi disekitar kita, selalu mempunyai apa yang namanya hubungan sebab akibat dan juga memiliki proses.

Suatu kejadian yang terjadi di sekitar kita, baik kejadikan alam maupun sosial seharusnya tidak hanya kita amati dan rasakan saja, tetapi juga harus kita pelajari dan digunakan sebagai pembelajaran. Kita dapat belajar dari kejadian tersebut, misalnya mengapa kejadian tersebut bisa terjadi dan bagaimana bisa terjadi kejadian seperti itu.


Tujuan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi juga memiliki tujuan, berikut diantaranya.
  • Menjelaskan fenomena yang terjadi
  • Menjelaskan sebab-akibat suatu peristiwa

Struktur Teks Eksplanasi

Seperti teks lainnya, teks eksplanasi juga memiliki struktur yang membangun teks tersebut agar menjadi satu kesatuan yang utuh. Berikut tiga struktur teks eksplanasi.
  • Pernyataan umum: berisi statemen atau pernyataan umum tentang suatu topik yang akan menjelaskan proses terjadinya atau terbentuknya suatu kejadian.
  • Urutan Sebab Akibat: berisi mengenai detail penjelasan proses suatu kejadian, yang disajikan secara urut dan bertahap dari yang paling awal hingga yang paling akhir.
  • Interpretasi: berisi tentang kesimpulan topik atau proses kejadian yang telah dijelaskan.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Teks Eksplanasi juga memiliki ciri-ciri yanng membedakan dengan teks lainnya. Berikut ciri-cirinya.
  • Strukturnya terdiri dari penyataan umum, urutan sebab akibat, dan interpretasi atau kesimpulan.
  • Informasi yang dimuat berdasarkan fakta (faktual).
  • Faktual tersebut memuat informasi yang bersifat ilmiah atau keilmuan, contohnya sains dan sejenisnya.
  • Bersifat informatif dan tidak berusaha untuk mempengaruhi pembaca untuk percaya terhadap hal yang dibahas.

Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi juga memiliki kaidah kebahasan di dalamnya, berikut ciri bahasa atau kaidah kebahasaan dalam teks eksplanasi.
  • Fokus pada hal yang bersifat umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.
  • Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah.
  • Lebih banyak menggunakan verba atau kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
  • Menggunakan konjungsi waktu dan kausal, contohnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama, dan kemudian.
  • Menggunakan kalimat pasif.
  • Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Contoh Teks Eksplanasi

TSUNAMI
   Tsunami adalah serangkaian gelombang yg terbentuk karena gempa atau letusan gunung berapi di bawah laut atau di daratan dekat pantai. Tsunami tercipta saat permukaan dasar laut bergerak naik turun ( pergeseran lempeng disar laut ) di sepanjang patahan selama gempa terjadi. Selain itu tsunami juga tercipta karena meletusnya gunung berapi yg menyebabkan pergerakan air di laut atau perairan sekitarnya sangat tinggi. Gelombang tsunami yg terjadi di laut lebih cepat dari pada gelombang normal. Gelombang tersebut menyebar ke segala arah dengan kecepatan 30 sampai 50 meter dan kecepatan sekitar 800 km/jam. Ketika gelombang tsunami memasuki air dangkal, kecepatannya akan menurun dan ketingianya akan bertambah. Tsunami selau menyebabkan kerusakan bagi manusia. kerusakan besar bagi manusia teejadi ketika gelombang itu mengenai pemukuman manusia sehinnga menyeret apa saja yg di laluinya.

Nah, itulah pengertian mengenai teks eksplanasi beserta tujuan , ciri kebahaan, struktur dan contohnya, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TEKS EKSPLANASI (Pengertian, Tujuan, Struktur, Kaidah, Ciri, Contoh)"

Post a Comment