Pengertian Kalimat Persuasif Beserta Contohnya

Pengertian kalimat Persuasif beserta Contoh - Dalam materi pelajaran Bahasa Indonesia, kita banyak diajari mengenai berbagai jenis ilmu mengenai kebahasaan, mulai dari kata penghubung, jenis kalimat, jenis-jenis teks, jenis kalimat dan masih banyak lagi. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahasa mengenai salah satu jenis kalimat yang terdapat dalam bahasa Indonesia, yakni Kalimat Persuasif. Lalu apa itu kalimat persuasif dan bagaimana contohnya, itu bisa Anda simak dibawah ini.

Apa Itu Kalimat Persuasif?

Kalimat Persuasi atau persuai adalah sebuah kalimat yang berisi himbauan atau ajakan secara halus, agar si pembaca mau atau bersedia mengikuti kemauan yang disampaikan oleh penulis pada kalimat tersebut. Singkatnya kalimat persuasif merupakan kalimat ajakan atau himbaun kepada pembaca, sebagai contoh ketika Anda meminta sesuatu pada orang tua tentu dengan cara meminta baik baik.

Contoh Kalimat Peruasif

Berikut contoh kalimat persuasif yang bersifat menghimbau dan mengajak.

Belakangan ini banyak sekali para generasi muda yang terjerumus dan salah bergaul, hal ini bisa berdampak negatif untuk masa depan anak muda sekarang. kesalahan dalam pergaulan ini disebabkan karena kurangnya pengawasan dari orang tua dan buruknya lingkungan di sekitar anak itu tumbuh, nah kita sebagai orang tua haruslah pintar pintar untuk mengawasi perkembangan dan pergaulan anak kita tanpa membatasi kreativitas anak tersebut, Mari kita jaga tunas bangsa agar menjadi benih benih unggul di masa depan dan membantu mengharumkan nama bangsa kita kelak.

Pada contoh diatas terdapat kalimat himbauan maupun ajakan agar orang tua selalu mengawasi anaknya agar tidak terjerumus pada pergaulan yang salah. Nah itulah pengertian mengenai kalimat persuasif beserta contohnya, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat. (source: Brainly.co.id)
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kalimat Persuasif Beserta Contohnya"

Post a Comment