Cara Melakukan Salto Belakang (Back Flip)

Cara Melakukan Salto Belakang - Salto belakang atau biasa disebut Back Flip adalah suatu bentuk gerakan dalam senam lantai yang dimulai dengan berdiri, kemudian membengkokkan lutut. Setelah itu, menolakkan kedua kaki serta melemparkan kedua tangan ke belakang hingga mendarat, tangan dijadikan tumpuan untuk gerakan selanjutnya, badan membusur disertai lemparan kedua kaki ke belakang hingga berdiri tergak. Poros putaran sama dengan gerakan salto depan. Baca: Cara Melakukan Gerakan Salto Depan Dalam Senam Lantai

Cara Melakukan Salto Belakang

Cara melakukan gerakan salto belakang atau black flip adalah sebagai berikut,
  • Awalan: berdiri dengan kaki rapat, kedua lengan lurus ke depan.
  • Tolakan: turunnya lengan dan ayun ke belakang, lutut ditekuk hingga setengah jongkok. Ayunkan kembali kedua lengan ke depan atas, bersamaan dengan tolakan kaki yang kuat, kepala ditekuk ke belakang.
  • Layangan: badan melenting, kedua kaki lurus, badan melayang sebelum kedua tangan menumpu di atas matras. Setelah mencapai posisi handstand, kedua kaki dientakkan (snap), panggul ditekuk disertai dengan tolakan tangan.
  • Pendaratan: kedua kaki mendarat, dada dan kepala terangkat, dan kedua lengan lurus ke depan.


Bagi pemula, gerakan ini cukup sulit dan beresiko tinggi. Untuk keselamatan, siapkan peralatan yang memadai dan bimbingan atau bantuan. Latihan untuk pemula dapat dilakukan sebagai berikut.
  • Lakukan secara berpasangan.
  • Pasangan saling membelakangi.
  • Kedua tangan lurus ke atas, salah satu memegang pergelangan tangan. Kemudian membungkukkan badan sehingga telapak tangan teman Anda yang dipegang menyentuh lantai.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Salto Belakang (Back Flip)"

Post a Comment