Sistem penyerangan Dalam Permainan Bola Basket

Sistem penyerangan Dalam Permainan Bola Basket - Sistem penyerangan suatu regu kadang-kadang sangat canggih sehingga menghasilkan serangan yang lebih efektif dan membuat regu yang bertahan mendapatkan kesulitan untuk mempertahankan daerah dan ringnya. Ada dua cara bagi regu penyerang untuk memperoleh angka. Cara pertama untuk mendapatkan nilai adalah menembak untuk nilai 2 angka dan 3 angka tergantung pada jarak penembakannya. Cara kedua untuk mendapakan nilai adalah dengan melakukan tembakan bebas, yang disebabkan lawan melakukan pelanggaran.

Tembakan babas ini diberikan kepada seseorang pemain apabila lawan melakuka suatu pelanggaran perseorangan, misalnya melakukan tindakan yang tidak sportif. Apabila pelanggaran terjadi sewaktu melakukan tembakan, wasit meniup peluit dan pemain yang dicurangi mendapatkan satu, dua, atau tiga tembakan tergantung tingkat dan dimana kecurangan dilakukan. Jika pelanggaran dilakukan terhadap pemain yang sedang melakukan tembakan dan tembakannya masuk, maka wasit akan memberikan tembakan bebas 1 kali. Adapun jika tembakannya tidak masuk, tebakan babas yang diberikan 2 kali. Setiap tembakan karena pelanggaran dilakukan dari garis tembakan bebas yang berjarak 15 kaki (4,6 meter) dari ring, tanpa dihalangi dan nilainya satu.

Penguasaan bola berganti apabila regu penyerang mendapatkan nilai atau regu bertahan berhasil menjaga ringnya dan mendapatkan kembali bola. Perencanaan permainan bertahan dilakukan untuk menyulitkan lawan yang melakukan serangan dan mengumpulkan nilai. Pertahanan yang baik memaksa penyerang gagal melakukan tembakan atau secara tidak disengaja kehilangan kepemilikan bola, misalnya karena melakukan pelanggaran atau gagal menyarangkan bola ke ring lawan. Pertahanan juga dapat memperoleh kepemilikan bola dengan cara mencegat operan lawan atau mencuri bola dari pendribel lawan. Apabila regu penyerang gagal melakukan tembakan, maka kedua regu memiliki kesempatan yang sama untuk mendapatkan kembali bola yang disebut rebound.


Permainan terus berlangsung ketika regu mendapatkan bola dan penguasaan bola berganti. Time-Out yaitu penghentian permainan beberapa saat, memungkinkan pelatih memberi instruksi kepada pemain atau untuk membuat strategi.

Permainan menyerang merupakan bagian permainan bola basket yang dianggap paling menonjol. Penyerangan memungkinkan para pemain dapat menunjukkan dan membuktikan keahlian perseorangan yang merupakan syarat keberhasilan. Banyak pemain bola basket terbaik memiliki bakat istimewa dalam melakukan serangan. Keahlian dasar penyerangan adalah mengoper, mengatur bola, menembak, dan rebound.

Mengoper bola merupakan cara tercepat dan paling efisien untuk memajukan bola di lapanga. Regu yang mengoper bola dengan baik akan mampu melakukan tembakan yang tak terhalangi, membuat skor secara mudah dengan menggerakan bola di lapangan dengan cepat dan menghalangi regu bertahan memulai rencana permainannya sendiri.

Ada beberapa jenis operan, antara lain operan dada dimana bola dioperkan dari posisi setinggi dada, operan pantulan dimana bola dipantulkan di tanah, operan diatas kepala, dimana bola dioperkan dengan dua tangan dari atas kepala. Semua jenis operan ini digunakan selama permainan berlangsung.

Banyak pemain bola basket terbaik mahir mengatur bola. Untuk menjadi pengatur bola, seorang pemain harus mempertahankan aksinya dilapangan, mata memandang lurus ke depan, tidak hanya memusatkan perhatian ke lantai. Pemain harus juga memerhatikan bola rendah, melindungi dari regu bertahan dan memantulkannya lebih tinggi dari pinggang. Pengatur bola yang baik dapat mengunakan masing-masing tangannya untuk mendrible secara efektif dan dapat mengubah arah dengan capat.

Ada lima jenis model dribel dalam bola basket, yaitu: Mendribel sambil bergerak cepat, menyilang dimana bola dipantulkan dan menyilang dari satu tangan ke tangan lainnya di depan badan, di belakang badan dimana bola dipantulkan dan menyilang di selangkangan kaki, memutar ditempat bola dipantulkan, dan melintas sementara kemudian pemain memutar menjauhi lawan yang menjaga.

Dari tingkat sekolah sampai liga profesional, menembak adalah bagian yang paling penting dalam permainan bola basket. Ada banyak bentuk menembak, tetapi pada dasarnya ada 4 tembakan, yaitu tembakan lari, tembakan loncat, tembakan hukuman, dan tembakan kaitan. Tembakan lari merupakan tembakan yang paling mudah. Tembakan itu dilakukan tepat dari bawah ring menggunakan tangan kiri atau kanan, selain itu terdapat jenis lain tembakan lari yaitu dunk shot dimana bola dihempaskan dengan kuat masuk ke dalam ring. Tembakan menjadi tembakan yang paling menarik.

Tembakan loncat dilakukan ketika penembak meloncat di udara dan pada loncatan yang tertinggi, penembak memasukkan bola ke dalam ring. Tembakan bebas dilakukan dari garis tembakan bebas. Tembakan kaitan dilakukan ketika penembak menghadap ke samping ring, menempatkan badan di antara bola dan penjaga, kemudian menembakkan bola melengkung di atas kepada penjaga.

Apabila tembakan tidak masuk, regu yang mendapatkan kembali bola telah memenangkan rebound. Apabila seseorang anggota regu memenangkan rebound, ragu penyerang mendapatkan kembali pemilikan dan jam tembakan mulai lagi. Apabila regu menjaga mendapatkan rebound, regu penjaga berganti memainkan penyerangan. Kekuatan, naluri alami, dan posisi yang baik serta timing yang tepat penting untuk rebound yang bagus. Bermain menyerang yang baik membutuhkan keputusan strategis. Satu model serang adalah mengunakan pola tembakan yang tak terhalangi.

Teknik serangan yang penting disebut slow down offense, yaitu dengan membentuk takbir penghalang. Teknik ini terjadi ketika posisi penyerang sedemikian rupa sehingga menghalangi gerakan penjaga. Takbir penghalang sering disertai dengan give and go dimana seorang pemain mengoper bola kepada teman, kemudian bergerak melintasi lapangan, biasanya ke arah ring pada posisi menerima umpan balik. Teknik serangan yang lainya disebut fast-break offense, yaitu dengan menggunakan tembakan cepat dari bola yang didrible atau dioper cepat.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sistem penyerangan Dalam Permainan Bola Basket"

Post a Comment