Bagian Paru-Paru Beserta Fungsinya Lengkap Dengan Gambar

Fungsi bagian-bagian paru-paru beserta fugsinya - Paru-Paru adalah salah satu bagian tubuh dalam yang berfungsi sebagai alat pernapasan. Organ ini sangat vital, karena baik manusia ataupun hewan tidak dapat hidup tanpa paru-paru karena organ ini sebagai media masuk oksigen. Oksigen sangat penting dalam proses respirasi di mitokondria pada sel sehingga dapat menghasilkan energi untuk bergerak dan beraktivitas.

Paru-paru merupakan sebuah organ yang tentunya masih terdapat beberapa bagian yang menyusun di dalamnya, diantara adalah Trakea, Bronkus, Bronkiolus, Diafragma, Alveolus, Pleura dan Lobus. Berikut penjelasan bagian-bagian paru-paru beserta fungsinya.

Bagian Paru-Paru Beserta Fungsinya:


1. Bronkus: batang bercabang yang menghubungkan paru-paru kiri, paru-paru kanan, dan trakea. Bronkus tersusun atas tulang rawan, lapisan mukosa, dan otot polos. Tulang rawan berfungsi sebagai rangka bronkus, lapisan mukosa menghasilkan lendir untuk menjebak partikel asing yang akan memasuki paru-paru, dan otot polos membuat kita dapat bernapas secara otomatis tanpa disadari.

2. Bronkiolus: cabang dari bronkus yang bermuara ke alveolus. Struktur bronkus tidak memiliki tulang rawan, memiliki silia, dan di bagian ujung terdiri dari jaringan epitelium berbentuk kubus bersilia.

3. Trakea: tabung dengan panjang sekitar 5 inci yang menghubungkan laring dengan bronkus. Trakea tersusun atas tulang rawan hialin berbentuk seperti huruf C dan dilapisi oleh epitel bersilia. Fungsi trakea adalah sebagai saluran pernapasan. Silia yang terdapat dalam sel epitel berfungsi untuk menangkap partikel asing dan membawanya ke faring sehingga dapat masuk ke sistem pencernaan.

4. Diafragma: otot berserat yang menjadi pembatas antara rongga dada dan rongga perut. Diafragma juga berperan penting dalam proses pernapasan perut. Diafragma tersusun atas otot, pembuluh darah, dan saraf yang disebut saraf frenikus.

5. Alveolus: tempat melakukan pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida secara difusi. Struktur alveolus terdiri dari selaput tipis dan terdapat banyak kapiler darah. Di alveolus darah akan melepaskan karbon dioksida ke udara dan mengambil oksigen dari udara.

6. Lobus: Memberikan perlindungan dari kerusakan mekanis dan juga mencegah penyebaran infeksi.

7. Pleura: suatu membran serosa yang halus membentuk suatu kantong tempat paru-paru berada yang jumlahnya ada dua buah dan masing-masing tidak berhubungan. Pleura mempunyai dua lapisan, yaitu : perietalis dan viseralis yang fungsinya sebagai pelicin gesekan antara permukaan kedua pleura pada waktu pernapasan.

Fungsi pleura pada paru-paru yaitu :
  • sebagai kantong tempat paru-paru berada
  • menukar oksigen dari udara dengan karbondioksida yang ada di darah
  • fungsi mekanis pleura adalah meneruskan tekanan negatif thoraks ke dalam paru-paru.

8. Pleura fluid: berfungsi untuk membungkus paru paru dan melindungi paru paru dari tekanan luar

Nah itulah bagian-bagian paru-paru beserta fungsinya lengkap, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermafaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bagian Paru-Paru Beserta Fungsinya Lengkap Dengan Gambar"

Post a Comment