6 Macam Nomor Senam Artistik Putra dan 4 Untuk Putri

Senam Artistik - Lomba senam artistik diselenggarakan untuk pria dan wanita. Pria berlomba dalam enam jenis lomba yaitu senam lantai, kuda-kuda pelana, gelang-gelang, melompat, palang sejajar dan palang tunggal, sedangkan wanita berlomba dalam empat jenis lomba yaitu melompat, palang bertingkat, balok titian, dan senam lantai. Pada lomba senam tersebu sedikit dibedakan karena kekuatan antara pria dan wanita seikit berbeda.

Penilaian loma senam artistik dilakukan oleh empat wasit yang sudah terlatih. Standar penilaian ditentukan oleh badan internasional yang mengurus senam, yaitu Federation Internationale de Gymnastique (International Federation of Gymnastics). Nah pada bab ini akan membahas mengenai jenis lomba senam artistik baik pria ataupun wanita beserta penjelasan lomba.

Jenis-Jenis Lomba Senam Artistik Putra dan Putri

Pada lomba senam artistik, pria berlomba dalam enam jenis lomba yaitu

  1. Senam lantai (floor exercise): gerakan akrobatik dilakukan diatas matras berukuran 12 meter persegi.
  2. Kuda-kuda pelana (pommel horse): gerakan dilakukan di atas alat yang bernama kuda-kuda pelana yang ditengah-tengahnya dipasang dua pelana atau pegangan dengan jarak 40 sampai 45 cm. Gerakannya terdiri atas ayunan dan gerakan memutar tubuh dan kaki dengan topangan tangan.
  3. Gelang-gelang (rings): gerakan dilakukan dengan dua tangan memegang gelang-gelang kayu yang digantung dengan tali dan tergantung setinggi 2,75 meter dari matras. Gerakannya menggabungkan posisi statis dengan gerakan cepat yang dipolakan untuk menguji kekuatan dan keseksamaan.
  4. Melompat (valult): gerakan menggunakan alat yang dinamakan kuda-kuda (caulting horse) yang berukuran panjang 1,6 meter dan tinggi 1,35 meter tanpa pelana. Atlet lari ke arah kuda-kuda mendekati kepanjangan kuda-kuda, kemudian menolak dari papan lompat, meletakkan kedua tangan pada permukaan kuda-kuda, lalu menyelesaikan gerakan melayangnya dengan gerakan akrobatik di udara dan mendarat.
  5. Palang sejajar (parallel bars): Gerakan dilakukan pada dua rel lentur setinggi 1,95 meter di atas tanah dengan jarak rel 42 sampai 52 cm. Gerakannya merupakan rangkaian berayun, keseimbangan, dan gerakan di udara.
  6. Palang tunggal (horizontall bars): gerakan dilakukan pada satu palang baja yang digantung setinggi 2,75 meter diatas matras. Gerakannya berupa ayunan mengelilingi palang dengan perubahan arah dan pegangan. Sewaktu turun, atlet melepaskan palang, membumbung di udara dan mendarat.


Pada lomba senam artistik, wanita berlomba dalam empat jenis lomba, yaitu:

  1. Melompat (vault): gerakan sama dengan perlombaab untuk pria. Bentuk kuda-kuda dan ukurannya sama dengan yang digunakan pria, hanya ketinggiannya diturunkan menjadi 1,2 meter dan pendekatannya dilakukan dari samping.
  2. Palang bertingkat (uneven bars): gerakannya dilakukan pada sepasang palang lentur yang terpisah maksimum 1,435 m dengan ketinggian berbeda. Tinggi palang atas antara 2,35 m dan 2,4 m dari lantai, palang bawah sejajar dengan palang atas dengan ketinggian 1,4 m dan 1,6 m dari lantai. Gerakannya terdiri atas ayunan, dan pergantian atah di atas, dibawah, dan diantara dua palang dengan naik dan turun.
  3. Balok titian (balance beam): gerakan dilakukan pada satu palang tunggal dengan ukuran panjang 5 m, lebar 10 cm, dan tinggi 1,2 m dari tanah. Gerakannya terdiri atas gerakan jungkit balik, berputar, dan melompat.
  4. Senam lantai (floor exercise): gerakan dilakukan tanpa alat pada matras berukuran 12 m persegi. Gerakannya sama dengan yang dilakukan pria dengan pegecualian sedertai iringan musik.


Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "6 Macam Nomor Senam Artistik Putra dan 4 Untuk Putri"

Post a Comment