Teknik Dasar Lompat Jauh (Awalan, Tolakan, Melayang, Mendarat)

Teknik Dasar Lompat Jauh - Lompat jauh merupakan salah satu nomor lompat dalam cabang olahraga selain lompat jungkit, lompat tinggi dan lompat tinggi galah. Tujuan dari lompat jauh adalah melompat sejauh-jauhnya dengan memindahkan seluruh tubuh dari titik tertentu ke titik lainnya, dengan cara berlari secepat-cepatnya kemudian menolak, melayang di udara, dan mendarat.

Dalam lompat jauh terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai, dimana teknik dasar tersebut terbagi ke dalam beberapa gerakan, diantaranya teknik awalan atau ancang-ancang, tumpuan atau tolakan, melayang diudara dan terakhir teknik mendarat yang benar di bak pasir. Berikut penjelasan masing-masing teknik beserta cara melakukannya.

a. Awalan atau Ancang-ancang

Guna awalan atau ancang-ancang pada lompat jauh adalah untuk menapatkan kecepatan yang setinggi-tingginya sebelum mencapai balok tolakan. Panjang awalan untuk melaksanakan awalan lompat jauh tidak kurang dari 45 meter. Cara melakukan awalan atau ancang-ancang lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Lari ancang-ancang tergantung pada kemampuan masing-masing siswa.
  2. Tambah kecepatan lari ancang-ancang sedikit demi sedikit sebelum bertumpu/menolak.
  3. Pinggang diturunkan sedikit pada satu langkah akhir ancang-ancang.

b. Tumpuan atau Tolakan

Tumpuan atau tolakan kaki harus kuat agar mencapai tinggi lompatan yang cukup tanpa kehilangan kecepatan maju. Kaki ayun digerakkan secara aktif agar membantu menaikkan badan dan menjaga keseimbangan berat badan sedikit di depan titik tumpuan. Cara melakukan tumpuan atau tolakan dalam lompat jauh adalah sebagai berikut.
  1. Ayunkan paha kaki ke posisi horizontal dan dipertahankan.
  2. Luruskan sendiri mata kaki, lutut, dan pinggang pada waktu melakukan tolakan.
  3. Bertolaklah ke depan dan ke atas.
  4. Sudut tolakan 45 derajat.

c. Melayang di udara

Sikap badan melayang di udara yaitu sikap setelah kaki menolak pada balok tumpuan. Badan akan dapat terangkat melayang di udara, bersamaan dengan ayunan kedua lengan ke depan atas. Tinggi dan jatuhnya hasil lompatan sangat tergantung dari besarnya kekuatan kaki tolak, dan pelompat harus meluruskan kaki tumpu selurus-lurusnya dan secepat-cepatnya. Ada tiga cara sikap melayang di udara dalam lompat jauh, yaitu sebagai berikut.
  1. Gaya jongkok (waktu melayang bersikap jongkok)
  2. Gaya lenting (waktu di udara badan dilentingkan) atau gaya menggantung.
  3. Gaya berjalan di udara (waktu di udara kaki bergerak seolah-olah berjalan di udara.

d. Mendarat

Untuk menghindari pendaratan pada pantat, kepada ditundukkan dan lengan diayunkan ke depan sewaktu-waktu kaki menyentuh pasir. Titik berat badan akan melampaui titik pendaratan kaki di pasir. Kaki tidak kaku dan tegang, melainkan lemas-lentur. Maka sendi lutut harus siap menekuk pada saat yang tepat. Gerakan ini memerlukan waktu (timing) yang tepat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Dasar Lompat Jauh (Awalan, Tolakan, Melayang, Mendarat)"

Post a Comment