Taktik dan Strategi Permainan Ganda Campuran (BuluTangkis)

Taktik dan Strategi Permainan Ganda Campuran,- Permainan Ganda campuran mirip dengan permainan ganda dengan posisi di muka dan di belakang. Pemain putra mempertahankan bagian belakang lapangan dan pemain putri menjaga net. Pemain putri berdiri di atas garis servis pendek selama permainan dan pada waktu pemain putra melakukan servis.

a. Servis

Pukulan servis yang biasa digunakan pada permainan ganda campuran adalah pukulan servis pendek. Pemain putri melakukan servis dari posisi satu langkah di belakang dari servis pendek dan langsung maju mengikuti shuttlecock untuk mempersiapkan diri menghadap pukulan ke arah net.

b. Pengembalian servis

Pengembalian pukulan servis merupakan keterampilan yang sangat penting pada permainan ganda campuran. Pemain harus dapat mengubah pengembalian servis menjadi pukulan menyerang lawan agar mereka tertekan dan tidak mampu mengembangkan permainan. Pada permainan ganda campuran, pemain putra harus dapat menguasai dua per tiga lapangan timnya.


Dua cara pengembalian servis yang dianggap paling baik adalah pukulan drop tepat di muka temannya dan pukulan mendorong shuttlecock ke pertengahan lapangan dekat garis samping lapangan lawan. Pukulan ini akan memaksa pemain putra lawan melakukan pukuan ke atas.

c. Drop

Drop harus merupakan pukulan keras yang diarahkah ke sisi dekat garis samping lapangan lawan. Pemain putra yang melakukan pukulan drop harus berhati-hati karena pukulan drop dilakukan dari bagian belakang lapangan. Drop lembut dengan mudah akan dimatikan oleh pemain putri lawan. Biasanya pemain putra melakukan pukulan dorongan shuttlecock ke tengah lapangan, melampaui pemain putri lawan.

e. Drive

Dibanding dengan permainan lainnya, pukulan drive paling banyak digunakan pada permainan ganda campuran. Berhati-hatilah dengan pukulan drive yang menyilang lapangan. Gunakan pukulan ini hanya apabila lawan berada pada salah satu sisi lapangannya. Bila mereka tidak berada pada salah satu sisi lapangannya, gunakanlah pukulan drive lurus ke garis samping lapangan lawan.

f. Pengembalian smes

Pemain putra akan menghadapi pukulan smes lawan dari posisi lima langkah di belakang garis servis pendek. Pemain putra akan mencoba membuat pukulan datar dan langsung ke bawah ke arah garis samping lapangan. Ini akan dilakukan apabila ia dapat memukul jauh sehingga shuttlecock mencapai tengah lapangan di belakang pemain putri lawan. Kalau tidak, ia dapat melakukan pukulan datar dan keras sehingga lawan menerima shuttlecock di bawah ketiggian net dan tidak dapat menyemesnya kembali.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Taktik dan Strategi Permainan Ganda Campuran (BuluTangkis)"

Post a Comment