Struktur Lapisan Kulit Manusia Beserta Fungsi

Fungsi Lapisan Kulit Manusia - Pada tubuh manusia terbagi ke dalam beberapa organ penting, diantaranya jantung, otak, ginjal, paru-paru dan lain sebagainya. Di luar tubuh manusia juga terdapat bagian yang cukup peting, salah satuny adalah kulit. Kulit adalah salah satu organ terluar dari tubuh menusia, yang melapisi seluruh tubuh. Berat kulit diperkirakan sekitar 7% dari berat total tubuh manusia. Pada kulit terdapat rongga atau pori-pori kecil yang berfungsi untuk keluarnya keringat.

Kulit juga menjadi organ penting bagi manusia, karena kulit berfungsi sebagai pelindung utama bagi tubuh dari berbagai hal yang dapat membahayakan, khususnya dari luar. Selain itu kulit berfungsi sebagai alat peraba, berperan dalam eksresi tubuh, pengatur suhu tubuh, dll. Secara umum kulit terbagi dalam 2 lapisan yaitu Epidermis (Kulit ari) dan Dermis (Kulit Jangat), serta terdapat lapisan lemak yang letaknya di bawah kulit (Hipodermis). Beberapa sumber juga mengatakan, bahwa lapisan lemak yang berada di bawah kulit juga termasuk ke dalam lapisan kulit, dan tidak dipisahkan dalam pengelompokkan lapisan kulit tersebut. Nah berikut ini fungsi dari struktur kulit manusia.


Struktur Kulit Manusia Beserta Fungsi:

  1. Lapisan Epidermis: lapisan yang memiliki tebal kurang lebih 0,1 mm dan terdiri atas empat lapisan jaringan epitel. Setiap Lapisan pada Epidermis memiliki ciri khas tersendiri, Lapisan Epidermis ini tidak memiliki pembuluh darah, sehingga ia mendapatkan suplai nutrisi melalui proses difusi dari lapisan dermis yang ada dibawahnya.
  2. Lapisan Dermis: merupakan anyaman serabut kolagen dan elastin yang bertanggung jawab untuk sifat-sifat penting dari kulit.
  3. Lapisan Subkutan: Subkutan adalah di bawah kulit. Lapisan subkutan adalah lapisan lemak dari jaringan yang terletak di bawah dermis dan di atas otot dan fasia.
  4. Helai Rambut: Mencegah debu atau kotoran menutupi pori-pori.
  5. Kapiler: untuk menghantarkan nutrisi/zat-zat makanan pada akar rambut dan sel kulit.
  6. Kelenjar Minyak (grandula sebaceae): untuk menghasilkan minyak supaya kulit dan rambut tidak kering dan mengkerut.
  7. Serabut Saraf: untuk menyampaikan rangsang dari badan sel ke bagian tubuh lain.
  8. Pembuluh Darah: Memberi makan akar rambut dan sel kulit.

Nah itulah fungsi struktur lapisan kulit pada tubuh manusia, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Struktur Lapisan Kulit Manusia Beserta Fungsi"

Post a Comment