Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Peraturan permainan Bulu Tangkis - Dalam cabang olahraga bulu tangkis, Indonesia tercatat menjadi salah satu negara dengan prestasi yang cukup bagus. Dalam lima nomor yang dipertandingkan di kejuaraan bulu tangkis tunggal putra/putri, ganda putra/putri dan ganda campuran, Indonesia memiliki atlet-atlet unggulan di masing-masing nomor, dan hingga saat ini selalu lahir pebulu tangkis Andalan Indonesi.

Dalam permainannya Bulu Tangkis dimainkan dalam dua regu yang dibatasi oleh net, setiap regu bisa bermain secara tunggal, ganda, dan ganda campuran. Dalam permainanya bulu tangkis juga mempunyai peraturan yang harus ditaat dan dilakukan oleh para pemain. Lalu apa saya peraturannya, berikut penjelasannya.


Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Berikut peraturan-peraturan penting dalam permainan bulu tangkis yang dibagi dalam 3 kelompok, berikut penjelasannya.

a. Pemain

1. Pemain adalah semua orang yang melakukan permainan atau pertandingan.
2. Pemain bulu tangkis hanya dimainkan oleh masing-masing satu pemain di satu sisi lapangan (permainan tunggal) atau masing-masing dua pemain di satu sisi (permainan ganda).
3. Sisi lapangan pemain yang berdiri di dalamnya mendapat giliran melakukan servis dinamakan sisi dalam (inside), sedangkan sisi lapangan pemain yang menerima servis dinamakan sisi luar (outside).

b. Pengundian

Sebelum pertandingan dimulai, wasit memanggil kedua pemain yang akan bertanding untuk mengundi siapa yang berhak:

  1. Melakukan servis pertama, atau
  2. Memilih sisi lapangan bagi pemain yang memulai permainan.


Pada umumnya, pengundian dilakukan dengan melempar koin. Pemain yang berhasil menebak sisi yang keluar (isi yang menghadap ke atas) dengan benar, diberi kesempatan untuk melakukan pilihan apakah memilih melakukan servis permulaan ataukah memilih sisi lapangan.

c. Penilaian


  1. Setiap pertandingan (baik ganda maupun tunggal) terdiri dari 21 angka. Bila kedua belah pihak sama-sama mencapai angka 20, diperlukan selisih 2 angka untuk menentukan pemenangnya, tetapi jika sampai dengan angka 29 kedua pemain belum ada selisih 2 angka (atau kedua pemain mencapai angka 29 sama), pemain yang lebih dahulu mencapai angka 30 ditetapkan sebagai pemenang.
  2. Kedua belah pihak yang bertanding akan memainkan 3 set pertandingan untuk menentukan siapa yang terbaik (the best of three), pemain yang lebih dahulu memenangkan 2 pertandingan dinyatakan sebagai pemenang. Pemain akan bertukar sisi lapangan pada setiap akhir suatu game dan akan dimulai game berikutnya. Pada game ketiga, pemain juga akan berpindah lapangan pada saat nilai akhir mencapai angka 11, Bila diizinkan hanya memainkan satu pertandingan, pemain harus berpindah sisi tempat di lapangan seperti disebutkan dalam pertandingan (game) ketiga tadi. Jika karena kelalaian, pemain lupa berganti tempat seperti yang telah ditetapkan, pada saat kelalaian ini disadari, pemain akan langsung berganti tempat dan nilai yang telah dicapai tetap berlaku.

Nah itulah peraturan-peraturan dalam permainan bulu tangkis yang wajib dipahami oleh para pemain, demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.


Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Peraturan Dalam Permainan Bulu Tangkis"