Cara Mengatasi NISN yang Hilang

Cara Mengatasi NISN yang hilang - NISN atau kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional adalah, kode pengenal identitas siswa Indonesia yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa, dimana NISN ini tidak akan sama antara satu siswa dan siswa yang lain di Indonesia. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) ini diberikan kepada setiap peserta didik yang bersekolah di satuan pendidikan yang memiliki NPSN dan terdaftar di Referensi Kemendikbud.

Jadi jika sekolah sudah terdaftar di Kemendikbud, maka sudah dipastikan peserta didik akan mendapatkan apa yang namany NISN. NISN biasanya akan dibuat dan diberikan jika kita sudah masuk ke bangku sekolah Dasar (SD). NISN ini tetap akan berlaku selama kita mengejar pendidikan di Indonesia hingga ke perguruan tinggi.

Nah, lalu bagaimana jika Kartu NISN kita hilang?

Biasanya NISN akan diberikan kepada siswa atau peserta didik dalam bentuk kartu, jadi jika hilang itu hal yang lumrah. Nah, untuk mengatasi itu kemendikbud menyediakan web resmi yang menampung semua database NISN pelajar Indonesia, atau singkatnya kita bisa mengetahui NISN secara Online. Dan untuk kartunya tidak terlalu penting karena yang dibutuhkan dalam NISN adalah nomor NISN itu sendiri.

Untuk itu, jika kartu NISN Anda hilang jangan khawatir karena kita bisa mencarinya secara Online di web resmi Kemendikbut, untuk cara pencarian nomor NISN secara online bisa dilihat caranya dibawah ini.

Cara Mengetahui NISN secara Online

1. Pertama silahkan kunjungi web resmi Kemdikbud.go.id
2. Kemudian pilih bagian "Pencarian berdasarkan nama", lalu masukkan nama Anda, tempat lahir dan tanggal lahir Anda dengan benar. Jika sudah klik "Cari".


3. Jika data diri yang Anda masukkan sudah benar, maka akan muncul nomor NISN beserta nama dan tanggal lahir Anda.


Note: Jika tidak berhasil, pastikan nama sudah benar. Soal nama yang panjang dan biasanya terdapat singkatan silahkan lihat nama di Ijazah SD.

Nah mudah bukan, jadi jika NISN Anda hilang jangan bingung seperti membuat yang baru di sekolah, cukup lihat secara online nomor NISN bisa diketahui. Demikian artikel yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mengatasi NISN yang Hilang"

Post a Comment