9 Bagian Penting Bunga dan Fungsinya

Bagian-bagian bunga beserta fungsinya - Bunga atau kembang bisa dibilang sebagai organ seksual pada tumbuhan, sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora), yang akhirnya menghasilkan sebuah biji, dan biji inilah yang akan menjadi cikal bakal tumbuhan baru. Dengan bantuan sebuah bunga, tumbuhan bisa menghasilkan buah dan biji.

Bunga pada dasarnya memiliki warna dan bau yang khas, itu berfungsi untuk menarik serangga yang akhirnya dapat membantu proses penyerbukan bunga. Pada struktur bunga yang sempurna terdapat beberapa bagian penting baik sebagai alat pemroses penyerbukan atau bagian pendukung bunga. Diantaranya mahkota bunga, kepala sari, benang sari, kelopak, tangkai bunga, dan bakal biji.

Nah untuk struktur bagian bunga tersebut juga memiliki beberapa fungsi dan kegunaan bagi bunga yang akhirnya dapat terjadi penyerbukan dan menghasilkan bakal biji untuk cikal bakal tumbuhan baru. Berikut bagian bunga beserta fungsinya lengkap dengan gambar untuk memperjelas.


Fungsi Bagian-Bagian Bunga:

  1. Mahkota Bunga: Warna menarik yang terdapat pada mahkota bunga berfungsi untuk memikat serangga untuk membantu proses penyerbukan.
  2. Kepala Sari: struktur kecil yang ditemukan pada akhir benang sari yang bertanggung jawab untuk penyerbukan sari putik dan memproduksi serbuk sari.
  3. Benang Sari: Benangsari atau stamen merupakan organ reproduksi jantan pada bunga. Fungsi utama dari benangsari adalah untuk menghasilkan serbuk sari yang dibutuhkan untuk reproduksi.
  4. Kepala Putik: berfungsi sebagai alat kelamin betina untuk alat perkembang biakan bunga atau sebagai alat reproduksi betina pada bunga.
  5. Tangkai Putik: Berfungsi untuk menopang kepala putik.
  6. Kelopak: Berfungsi untuk melindungi bagian-bagian bunga lainnya sebelum kuncup itu mekar.
  7. Bakal Biji: Putik bertemu benang sari lalu terjadi pembuahan dan bakal biji akan menjadi cikal bakal tumbuhan baru
  8. Tangkai Bunga: untuk menopang bunga agar tetap dapat berdiri, dan membantu keseimbangannya ketika tehembus angin agar tidak mudah patah.
  9. Dasar Bunga: sebagai tempat bertumpunya bunga dan letak mahkota bunga atau untuk menahan agar bunga tidak jatuh.

Nah itulah 9 bagian penting bunga beserta fungsinya. Bagian-bagian bunga tersebut saling berkaitan dan mendukung hingga terjadi penyerbukan. Demikian artikel mengenai IPA Biologi yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "9 Bagian Penting Bunga dan Fungsinya"

Post a Comment