Sejarah Perkembangan Karya Seni Musik Lengkap

Perkembangan karya seni musik,- Musik sudah ada sejak zaman purbakala dan dipergunakan sebagai alat untuk mengiringi upacara kepercayaan. Perubahan sejarah musik terbesar terjadi pada abad pertengahan, disebabkan terjadinya perubahan keadaan dunia yang makin meningkat. Musik tidak hanya dipergunakan untuk keperluan keagamaan, tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi. Perkembangan musik dunia terbagi dalam 6 zaman yaitu sebagai berikut.

a. Zaman Abad Pertengahan

Zaman Abad Pertengahan sejarah kebudayaan adalah Zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi (476 M) sampai dengan Zaman Reformasi agama Kristen oleh Marthen Luther (1572 M). Perkembangan musik pada zaman ini disebabkan oleh terjadinya perubahan keadaan dunia yang semakin meningkat, yang menyebabkan penemuan-penemuan baru dalam segala bidang, termasuk dalam kebudayaan. Perubahan dalam sejarah musik adalah bahwa musik tidak lagi dititikberatkan pada kepentingan keagamaan tetapi dipergunakan juga untuk urusan duniawi sebagai sarana hiburan.


Perkembangan selanjutnya adalah adanya perbaikan tulisan musik dan dasar-dasar teori musik yang dikembangkan oleh Guido D Arezzo (1050 M). Musik dengan menggunakan beberapa suara berkembang di Eropa Barat. Musik Greogrian disempurnakan oleh Gregorious. Pelopor musik pada Zaman Pertengahan adalah: Gullanme Dufay dari Prancis, Adam de la halle dari Jerman.

b. Zaman Renaisance (1500 ± 1600)

Zaman Renaisance  adalah zaman setelah Abad Pertengahan, Renaisance artinya Kelahiran Kembali tingkat Kebudayaan tinggi yang telah hilang pada Zaman Romawi. Musik dipelajari dengan ciri-ciri khusus, contohnya nyanyian percintaan, nyanyian keperwiraan. Sebaliknya musik Gereja mengalami kemunduran. Pada zaman ini alat musik Piano dan Organ sudah dikenal, sehingga munculah musik instrumental.

Di kota Florence berkembang seni Opera. Opera adalah sandiwara dengan iringan musik disertai oleh para penyanyinya. Komponis-komponis pada zaman Renaisance diantaranya: Giovanni Gabrieli (1557 ± 1612) dari Italia, Galilei (1533 ± 1591) dari italia.

c. Zaman Barok dan Rokoko

Kemajuan musik pada zaman pertengahan ditandai dengan munculnya aliran-aliran musik baru, diantaranya adalah aliran Barok dan Rokoko. Kedua aliran ini hampir sama sifatnya, yaitu adanya pemakaian Ornamentik (Hiasan Musik).

Perbedaannya adalah bahwa musik Barok memakai Ornamentik yang diserahkan pada Improvisasi spontan oleh pemain, sedangkan pada musik Rokoko semua hiasan Ornamentik dicatat. Komponis-komponis pada Zaman Barok dan Rokoko: A. Johan Sebastian Bach, lahir hasil karyanya yang amat indah dan terkenal: St. Mathew Passion. Misa dalam b minor.

d. Zaman Klasik (1750 ± 1820)

Sejarah musik kasik dimulai pada tahun 1750, setelah berakhirnya musik Barok dan Rokoko. Ciri-ciri zaman musik Klasik, sebagai berikut.

  • Penggunaan dinamika dari Keras menjadi Lembut, Crassendo dan Decrasscendo.
  • Perubahan tempo dengan accelerando (semakin cepat) dan Ritarteando (semakin lembut).
  • Pemakaian Ornamentik dibatasi.
  • Penggunaan Accord 3 nada.


Komponis-komponis pada Zaman Klasik antara lain: Frans Joseph Haydn (1732 ± 1809), Karya ciptaannya yaitu: Sonata Piano, 87 buah kuartet, 24 buah opera, 100 buah simfoni, yang paling terkenal adalah The Surprisse Sympony.

e. Zaman Romantik (1820 ± 1900)

Musik Romantik sangat mementingkan perasaan yang subyektif. Musik buka saja dipergunakan untuk mencapai keindahan nada-nada, akan tetapi digunakan untuk mengungkapkan perasaan. Oleh karena itu, dinamika dan tempo banyak dipakai. Komponis-komponis pada Zaman romantik adalah: Ludwig Von Bethoven dari Jerman, Franz Peter Schubert dari Wina, Francois Fredrick Chopin dari Polandia, Robert Alexander Schumann dari Jerman, dan Johanes Brahms dari Hamburg Jerman.

f. Zaman Modern (1900 ± Sekarang)

Musik pada Zaman ini tidak mengakui adanya hukum-hukum dan peraturan-peraturan, karena kemajuan ilmu dan teknologi semakin pesat, misalnya penemuan dibidang teknik seperti film, radio, dan televisi. Pada masa ini orang ingin mengungkapkan sesuatu dengan bebas. Komponis-komponis pada Zaman Modern: Claude Achille Debussy dari Prancis, Bella Bartok dari Honggaria, dan Maurice Ravel dari Prancis.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perkembangan Karya Seni Musik Lengkap"

Post a Comment