7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Kebiasaan buruk bagi kesehatan,- Secara sederhana, gaya hidup dapat diartikan sebagai cara seseorang menghabiskan waktu dan uangnya. Maka, gaya hidup yang sehat dapat dianggap sebagai pola perilaku yang akan memberikan dampak pada kesehatan kita dan selanjutnya berpengaruh juga pada kesehatan orang lain.

Dalam menjalani hidup sehari-hari kita sebaiknya selalu mengedepankan kesehatan tubuh dan jiwa kita, karena sehat itu mahal. Banyak orang diluar sana yang menghabiskan banyak uang hanya untuk mendapatkan kesehatan. Ada pepatah yang mengatakan bahwa seseorang tidak akan menghargai kesehatannya sendiri di saat ia masih sehat.

Begitu pentingnya kesehatan sehingga ada orang rela membayar miliaran rupiah untuk kesehatan dirinya di saat dia sakit. Oleh karena itu, pola hidup sehat menjadi hal yang wajib kita perhatikan.

Baca: 7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Selain harus menjalankan pola hidup sehat, kita juga harus menghindari kebiasaan buruk yang dapat membahayakan kesehatan kita. Ada beberapa kebiasaan buruk yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan atau dapat mengakibatkan gangguan pada kesehatan peribadi. Bebeberapa kebiasaan tersebut adalah sebagai berikut.


1. Merokok atau hidup dengan perokok

Merokok berbahaya bagi jantung. Merokok bisa memicu pembekuan darah yang dapat memblokir aliran darah ke jantung dan memberikan kontribusi untuk penumpukan plak di arteri. Merokok bisa menyebabkan berbagai macam penyakit, seperti paru-paru, jantung, dan lain sebagainya. Selain itu hidup dengan seorang prokok (pasif) lebih berbahaya ketimbang menjadi perokok (aktif).

2. Waktu untuk tidur tidak cukup

Kurang tidur dapt menyebabkan masalah kesehatan serius, seperti konsentrasi menurun, menyebabkan depresi, memengaruhi kesehatan kulit dan lain-lain. Oleh karena itu, usahakan tidur tidak kurang dari 8 jam.

3. Konsumsi Alkohol

Kelebihan alkohol dikaitkan dengan resiko yang lebih besar daripada tekanan darah tinggi, kadar lemak darah yang tinggi, dan gagal jantung. Selain itu, kalori ekstra dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan ancaman bagi kesehatan jantung.

4. Malas untuk berolahraga

Melakukan olahraga minimal 20 menit setiap hari sangat penting untuk kesehatan saat ini dan jangka panjang Anda.

5. Setres dan depresi

Cemas yang berlebihan juga dapat menggangu kesehatan, bahkan yang paling beresiko dapat terserang penyakit jantung.

6. Bekerja ketika sakit

Memaksakan diri untuk terus bekerja ketika sedang sakit akan memperburuk kesehatan dan sudah pasti hasilnya tidak produktif.

7. Memiliki teman dengan kebiasaan buruk

Orang-orang di sekitar sangat berpengaruh. Selalu berusaha untuk menjaga diri untuk menolak sesuatu yang tidak sehat dan menghindari pengaruh orang lain.

Nah itulah 7 kebiasaan buruk yang harus dihindari untuk menjaga kesehatan, demikian artikel mengenai 7 kebiasaan buruk bagi kesehatan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Kesehatan"

Post a Comment