Cara Melakukan Renang Gaya Dada Yang Baik dan Benar

Tubuh yang dianugerahkan Tuhan kepada kita harus kita jaga dan pelihara dengan baik serta menggunakannya untuk hal-hal yang baik pula. Salah satu cara menjaga dan memelihara tubuh adalah dengan olahraga secara teratur. Ada berbagai jenis olahraga yang dapat dilakukan, salah satunya yang akan dibahas dalam materi kali ini adalah olahraga renang.

Olahraga renang semakin lama semakin berkembang dan tersebur luas hampir diseluruh negara termasuk di Indonesia. Olahraga renang merupakan salah satu cabang olahraga air yang sangat menyehatkan. Hal ini karena olahraga renang memanfaatkan seluruh komponen tubuh untuk ikut bergerak. Olahraga renang tidak hanya sebagai olahraga, tetapi juga dapat sebagai pengisi waktu luang maupun untuk bersenang-senang. Olahraga renang memiliki banyak manfaat. Bagi Anda yang belum bisa berenang, Anda harus banyak berlatih. Namun, sebelumnya jika Anda ingin pandai berenang Anda harus menguasai terlebih dahulu teknik-teknik dasar dalam berenang.

Baca: 4 Teknik Dasar Renang Gaya Dada

Setelah Anda menguasai teknik-teknik renang gaya dada, sekarang coba praktikkan olahraga renang gaya dada dengan baik dan benar. Namun, sebelum Anda berenang sebaiknya terlebih dahulu melakukan pemanasan. Hal ini bertujuan agar otot-otot tidak kaku sehingga dapat terhidar dari kejang otot saat berenang. Adapun otot-otot yang harus diregangkan, antara lain otot-otot lengan, otot-otot leher, otot pinggang, otot punggung dan perut, dan otot-otot kaki.


Cara melakukan renang gaya dada yang baik dan benara adalah sebagai berikut.


  1. Bahu harus sejajar dengan air dan kedua tangan menjulur ke depan bersamaan dengan majuanya badan.
  2. Tangan kembali ke belakang di bawah permukaan air sambil mendorong agar melaju cepat.
  3. Kedua kaki ditekuk dan ditarik ke arah depan, hingga kedua kaki merapat dan lurus kembali.
  4. Kepala harus selalu berada di atas air, kecuali sewaktu start dan berputar balik.
  5. Waktu berbalik dan finish harus menyentuh dinding dengan kedua tangan secara serempak dan sama tinggi dengan kedua bahu dalam sikap mendarat.


Nah itulah cara melakukan renang gya dada yang baik dan benar, demikian artikel mengenai teknik renang gaya dada dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Renang Gaya Dada Yang Baik dan Benar"

Post a Comment