Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Home » Penjaskes » 4 Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

4 Teknik Tangkisan Dalam Pencak Silat

1 min read

Keterampilan gerak tangkisan dalam pencak silat,- Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Indonesia. Tidak cuman di Indonesia, seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, Singapura, dan sebagian negara di Asia tenggara lainnya. Induk organisasi yang menaungi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Sedangkan organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara khususnya di Asia Tenggara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Asia Tenggara juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika. Dalam pencak silat, akan diajarkan berbagai macam keterampilan gerak, seperti serangan pukulan, tendangan, tangkisan, dan elakan. Nah pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai takisan dalam pencak silat, berikut ulasannya.

Tangkisan adalah usaha pembelaan yang dilakukan dengan cara mengadakan kontak langsung dengan serangan yang dilancarkan lawan. Tangkisan bertujuan langsung untuk hal-hal seperti mengalihkan serangan dari lintasan, dan membendung atau menahan serangan lawan jika terpaksa.

1. Tangkisan Dalam

Cara melakukan tangkisan dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

  • Sikap kuda-kuda tengah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari depan luar ke dalam sejejear bahu.
  • Posisi tubuh seimbang.

Kesalahan: kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan dalam bela diri pencak silat adalah sikap kuda-kuda tengah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan , tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

2. Tangkisan Luar

Cara melakukan tangkisan luar dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

  • Sikap kuda-kuda tangah.
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari dalam depan ke luar sejajar bahu.
  • Posisi tubuh seimbang.

Kesalahan: kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan luar bela diri pencak silat adalah kuda-kuda tangah kurang baik, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

3. Tangkisan Atas

Cara melakukan tangkisan atas dalam pencak silat adalah sebagai berikut.

  • Sikap kuda-kuda depan
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari dari bawah ke atas sehingga kepala terindungi dari serangan.
  • Posisi tubuh seimbang.

Kesalahan: kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan luar bela diri pencak silat adalah sikap kuda-kuda depan kurang kuat, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

4. Tangkisan Bawah

Cara melakukan tangkisan bawah dalam pencak silat adalah sebagai berikut.
  • Sikap kuda-kuda tengah
  • Kedua tangan bersiap di depan.
  • Tarik salah satu tangan dari atas ke bawah.
  • Posisi tubuh seimbang. 

Kesalahan: kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tangkisan luar bela diri pencak silat adalah sikap kuda-kuda tengah kurang kuat, kedua tangan tidak siap di depan, tarikan salah satu tangan kurang kuat, dan posisi badan kurang seimbang.

Baca juga: 4 Teknik Elakan Dalam Pencak Silat

Nah itulah macam 4 tangkisan dalam pencak silat yang harus diketahui, demikian artikel mengenai pendidikan olahraga pencak silat mengenai keterampilan gerak tangkisan, dan semoga bermanfaat.

Mas Pur Seorang freelance yang suka membagikan informasi, bukan hanya untuk mayoritas tapi juga untuk minoritas. Hwhw!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *