3 Senam Ketangkasan Tanpa Alat Beserta Cara Melakukannya

Senam Ketangkasan Tanpa Alat - Senam ketangkasan adalah rangkaian gerakan senam yang dilakukan dengan menggunakan alat bantu atau tanpa alat bantu. Senam ketangkasan sering dikatakan dengan senam artistik, karena bentuk-bentuk gerakan senam ketangkasan harus sesuai dengan peraturan yang berlaku dalam pertandingan. Baik mengenai sikap pada waktu akan melakukan gerakan, keindahan dan ketepatan, serta keseimbangan pada sikap akhir.

Senam ketangkasan dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti menggunakan palang sejajar, palang tunggal, gelang-gelang palang bertingkat, dan kuda-kuda pelana. Jika melakukan gerakan-gerakan senam ketangkasan dengan baik, kita akan memperoleh pengalaman gerak, serta meningkatkan kebugaran tubuh berupa gerakan ketangkasan, gerakan keseimbangan, gerak kelenturan atau keluwesan, gerakan kelincahan, gerakan keberanian, gerakan keharmonisan, dan gerakan keindahan.

Baca: Pengerian Senam (Senam Ketangkasan)

Senam ketangkasan dibagi menjadi dua yakni senam ketangkasan yang dilakukan dengan dengan menggunakan alat dan tanpa alat. Senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat dinamakan senam lantai (floor exercise), sedangkan senam ketangkasan menggunakan alat dinamakan juga senam alat. Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai senam ketangkasan yang tidak menggunakan alat (floor exercise), berikut macam-macam senam ketangkasan tanpa alat, beserta cara melakukan gerakannya.

Senam Ketangkasan Tanpa Alat

Senam ketangkasan tanpa alat adalah senam yang dilakukan dengan tanpa menggunakan alat bantu atau senam yang murni dilakukan dengan gerakan tubuh, ada berbagai macam gerakan senam lantai tanpa alat. Gerakan-gerakan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Meroda

Gerakan meroda adalah gerakan tubuh berguling kesamping seperti roda. Gerakan meroda menggunakan tumpuan kedua kaki dan kedua tangan secara bergantian. Cara melakukan gerakan meroda adalah sebagai berikut.

  • Sikap awal berdiri tegak di atas matras, kaki dibuka selebar bahu, kedua tangan di angkat ke atas.
  • Bergeraklah kesamping kanan dengan meliukkan tangan kanan ke matras sebagai tumpuan di samping kaki kanan.
  • Angkat kaki kiri bersamaan dengan meletakkan tangan kiri di samping tangan kanan, posisi kedua kaki diatas.
  • Angkat tangan kanan bersamaan dengan kaki kiri menyentuh matras, hingga tubuh berdiri tegak.


2. Guling Depan

Istilah gerakan guling depan disebut juga dengan (forward roll). Guling ke depan adalah berguling ke depan dengan urutan gerak dimulai dari tengkuk, punggung, pinggang, dan panggul bagian belakang. Cara melakukan guling depan (forward roll) adalah sebagai berikut.

  • Sikap awal jongkok, kedua kaki rapat, kedua telapak tangan sejajar bahu.
  • Letakkan kedua telapak tangan pada matras selebar bahu.
  • Tekuk siku ke samping, masukkan kepala diantara kedua tangan, sentuhkan tengkuk ke matras, bergulinglah ke depan dengan cara mendorong berat badan ke depan pelan-pelan.
  • Selanjutnya, melipat kedua lutut, tarik dagu dan lutut ke dada, tangan merangkul lutut.
  • Gerakan akhir adalah jongkok dengan kedua kaki rapat.


3. Guling Belakang

Gerakan guling belakang disebut juga dengan back roll. Berguling ke belakang adalah bentuk gerakan mengguling yang dimulai dari pinggul, pinggang bagian beakang, pungung, kepala bagian belakang, dan yang terakhir kedua kaki. Cara melakukan guling belakang (back roll) adalah sebagai berikut.

  • Sikap permulaan jongkok membelakangi matras, lengan lurus ke depan.
  • Jatuhkan badan ke belakang, tarik dagu ke dada, bengkokkan lengan, telapak tangan menghadap ke atas, ibu jari dekat pada telinga.
  • Menggulingkan badan ke belakang mendarat pada kaki, tangan lepas dari matras, pandangan lurus ke depan.
  • Tolakan tangan sampai lenga lurus pada saat pantat melewati titik tertinggi pada waktu mengguling ke belakang, mendarat pada kaki, tangan lepas dari matras, pandangan lurus ke depan.


Nah itulah tiga senam ketangkasan yang dilakukan tanpa alat atau (floor exercise), Demikian artikel mengenai senam ketangasan dan semoga bermanfaat. Baca juga: 4 Tahapan Gerakan Dalam Lompat Kangkang

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Senam Ketangkasan Tanpa Alat Beserta Cara Melakukannya"

Post a Comment