2 Contoh Senam Ketangkasan Dengan Alat Bantu

Senam ketangkasan dengan alat,- Senam adalah Istilah yang diterjemahkan dari bahasa Inggris, yaitu gymnastic atau gymnos, sedangkan istilah senam dalam bahasa Yunani (Greek) yang artinya telanjang. Karena memang pada zaman juno khususnya di Yunani melakukan senam dengan badan telanjang atau setengah telanjang. Akan tetapi dalam bahasa indonesia senam adalah suatu cabang olahraga atletik yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kecepatan, kekuatan, dan keserasian gerakan fisik yang teratur.

Dalam senam masih dibagi kedalam beberapa cabang, seperti senam artistik, senam ketangkasan, senam lantai, dan senam irama. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan informasi mengenai senam ketangkasan dengan alat bantu, karena pada kesempatan sebelumnya sudah dibahas mengenai senam ketangkasan tanpa alat. Senam ketangkasan dengan alat yakni senam yang mengunakan alat bantu dalam proses senam, dalam senam ketangkasan dibagi kedalam dua jenis, yakni lompat kangkang dan lompat jongkok. berikut penjelasan masing-masing.

1. Lompat Kangkang

Gerakan lompat kangkang adalah gerakan dengan bentuk meloncat melewati rintangan dan pada saat badan sedang melayang di atas kuda-kuda tangan direntangkan, kedua tungkai lurus dan direntangkan untuk dapat lewat samping kanan dan kiri peti lompat. Latihan gerakan lompat kangkang berguna untuk melatih ketangkasan, kekuatanm kelincahan, kebernian, dan konsentrasi. Cara melakukan gerakan lompat kangkang adalah sebagai berikut.

  • Awal gerakan dengan lari cepat dengan badan condong ke depan, kedua kaki menolak pada papan sekuat-kuatnya disertai ayunan lengan dari belakang bawah ke depan, badan lurus, dan tungkai dipisahkan.
  • Saat tangan menyentuh pada bagian pangkal kuda-kuda segera menolak sekuat-kuatnya. Badan melayang di atas kuda-kuda dalam sikap lurus, lengan direntangkan, tungkai lurus dipisahkan dengan pandangan tetap ke depan.
  • Mendarat dengan ujung kaki mengeper dan kedua lengan direntangkan ke atas.



Baca: 4 Tahapan Gerakan Dalam Lompat Kangkang

2. Lompat Jongkok

Latihan lompat jongkok ini mempunyai kegunaan sama dengan lompat kangkang, hanya memodifikasi gerakan kaki dari kangkang menjadi jongkok. Cara melakukan gerakan lompat jongkok dengan tumpuan pada pangkal kuda-kuda lompat adalah sebagai berikut.

  • Gerakan diawali dengan lari cepat dan badan condong ke depan. Kedua kaki menolak pada papan tolak disertai ayunan lengan ke atas, bawan melayang, tangan menumpu pada pangkal kuda-kuda dan pandangan dipusatkan di depan dekat tangan.
  • Kedua lengan menolak dengan sekuat tenaga dan lutut dilipat ke dada. Luruskan tungkai saat berada di atas ujung kuda-kuda.
  • Mendarat pada ujung kaki dan mengeper dengan kedua lengan direntangkan ke atas.


Baca: Pengertian Lompat Jongok (Awalan, Tolakan, Melayang, mendarat)

Nah itulah 2 contoh senam ketangkasan menggunakan alat yakni lompat kangkang dan lompat jongkok, demikian artikel informasi mengenai pendidikan jasmani dan kebugaran, dan terima kaish.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2 Contoh Senam Ketangkasan Dengan Alat Bantu"

Post a Comment