Wujud Peninggalan Kebudayaan Hindu-Buddha dalam Seni Rupa

Wujud Peninggalan Kebudayaan Hindu-Buddha dalam Seni Rupa,- Seni Rupa Nusanara banyak dipengaruhi oleh kebudayaan Hindu-Buddha dari India, seperti seni pahat atau ukir dan seni patung. Seni pahat atau ukir umumnya berupa hiasan-hiasan dinding candi dengan tema suasana Gunung Mahameru, tempat kediaman para dewa. Hiasan yang terdapat pada ambang pintu atau relung adalah kepada kala ang disebut Banaspati (raja hutan). Kala yang terdapat pada candi Jawa Tengah selalu dirangkai dengan makara, aitu sejenis buaya yang menghiasai bagian bawah kanan kiri pintu atau relung.

Pola hiasan lainnya berupa daun-daunan yang dirangkai dengan sulur-sulur melingkar menjadi sulur gelung. Pola ini menghiasi bidang naik horizontal maupun vertikal. Ada juga bentuk-bentuk hiasan berupa bunga teratai biru (utpala), merah (padam), dan putih (kumala). Pola-pola teratai ini tidak dibedakan berdasarkan warna, mealinkan detail bentuknya yang berbeda-beda. Khususnya pada dinding candi di Jawa Tangah, terdapat hiasan pohon kalpataru (semacam beringin) yang diapit oleh dua ekor hewan atau sepasang kenari.

Candi memiliki relief yang melukiskan suatu cerita, cerita tersebut diambil dari kitab kesusastraan ataupun keagamaan. Gaya relief tiap-tiap daerah memiliki keunikan, relief di Hawa Timur bergaya mayang dengan objek-ojeknya berbentuk gepeng (dua dimensi). Adapun relief di Jawa Tengah bergaya naturalis dengan lekukan-lekukan yang dalam sehingga memberi kesan tiga dimensi.

Pada masa Kerajaan Majapahit, relief Jawa Timur meniru Jawa Tengah dengan memberikan latar belakang pemandangan sehingga tercipta kesan tiga dimensi. Berikt relief-relief terpenting dalam candi di Indonesia


  1. Relief candi Borobudur menceritakan Kormanibhanga, menggambarkan perbuatan manusia serta hukum-hukumnya sesuai dengan Gandawyuha (Sudhana mencari ilmu).
  2. Relief candi Roro Jonggrang menceritakan kisah Ramayanan dan Kresnayana. Seni patung yang berkembang umumnya berupa patung atau arca pada sebuah candi. Raja yang suda meninggal dimuliakan dalam wujud arca dewa.


Contoh seni patung hasil kebudayaan Hindu-Buddha kini dapat kita saksikan di candi Prambanan (patung Roro Jonggrang) dan di Museum Mojokerto (Jawa Timur). Salah satu koleksimuseum tersebut yang terindah adalah patung Airlangga (perwujudan Wisnu) dan patung Ken Dedes.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wujud Peninggalan Kebudayaan Hindu-Buddha dalam Seni Rupa"

Post a Comment