Teknik Servis Bola Voli (Atas, Bawah, dan Menyamping)

Dalam materi pelajaran olahraga atau penjaskes, diajarkan berbagai materi pelajaran olahraga yang berhubungan dengan bola seperti sepak bola, basket, ataupun Voli. Nah pada kesempatan kali ini freedomsiana akan membahas mengenai Bola Voly. Permainan bola voli merupakan salah satu permainan yang menggunakan bola besar dan dilakukan secara beregu. Terdapat dua tim yang bertanding dalam sebuah permainan dengan jumlah anggota tiap tim adalah 6 (enam) orang. Keterampilan gerak dalam permainan bola voli adalah keterampilan gerak servis (tangan bawah dan tangan atas), passig atas dan bawah, smash, serta block/bendungan (tunggal dan berkawan). Untuk kali ini akan dibahas terlebih dahulu mengenai keterampilan gerak servis, yakni sebagai berikut.

Keterampilan Gerak Servis

Servis merupakan suatu upaya seorang pemain untuk menyeberangkan bola melewati atas net dari luar garis belakang lapangan dan merupakan awalan dari suatu serangan. Servis dapat dilakukan dari atas maupun bawah ataupun dari posisi menyamping. Berikut langkah-langkah melakukan teknik servis atas, bawah dan menyampung.

a. Servis Atas
Cara melakukan servis atas adalah sebagai berikut.
  1. Berdiri tegap dengan posisi melangkah menghadap jaring.
  2. Lambungkan bola lurus ke atas menggunakan tangan kiri kurang lebih 60 cm di atas depan kepala dan pandangan dipusatkan pada bola.
  3. Ayunkan lengan kanan dari belakang ke atas, kemudian ke depan secara serentak.
  4. Pukul bola menggunakan telapak tangan.
  5. Gerakan lanjutan ke depan bagi tangan yang memukul diikuti dengan melangkahkan kaki yang berada di belakang.

Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis atas karena adanya beberapa kesalahan, yaitu sikap badan kaku, kedua kaki sejajar dan tidak terbuka, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

b. Service Bawah
Cara melakukan servis bawah adalah sebagai berikut.
  1. Berdiri agak membungkuk dengan posisi kaki melangkah menghadap ke jaring net.
  2. Tangan kiri memegang bola di bawah depan badan dan badan sedikit bungkuk.
  3. Lambungkan bola menggunakan tangan kiri kurang lebih setinggi 30 cm, bersamaan dengan itu tangan kanan memukul dengan gerakan mengayun dari belakang bawah ke depan hingga bola melayang melewati atas net/jaring.

Adakalanya pemain tidak berhasil melakukan servis bawah karena adanya beberapa kesalahan, seperti sikap badan kaki, kedua kaki sejajar dan tidak ditekuk, badan kurang membungkuk, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun ke belakang, serta tidak diikuti gerakan lanjutan.

c. Servis Menyamping
Cara melakukan servis menyamping adalah sebagai berikut.

  1. Posisi kedua kaki seikit dibuka menyamping ke arah net/jaring.
  2. Tangan kiri memegang bola dan tangan kanan siap untuk memukul.
  3. Lambungkan bola ke atas oleh tangan kiri di atas bahu, bersamaan dengan gerakan itu ayunkan lengan/tangan yang akan memukul.
  4. Pukul dari samping ke belakang dengan telapak tangan terbuka mengarah ke bola.
  5. Setelah melakukan servis dilanjutkan dengan gerak lanjut dari tangan pukul yang diikuti oleh anggota tubuh lainnya.


Kegagalan dalam melakukan servis menyamping biasanya dikarenakan dikap badan kaku, kedua kaki tidak sejajar, badan tidak menyamping, lambungan bola terlalu tinggi, tangan yang memukul kurang diayun, dan tidak diikuti gerakan lanjutan.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teknik Servis Bola Voli (Atas, Bawah, dan Menyamping)"

Post a Comment