4 Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat

Keterampilan tendangan dalam olahraga pencak silat,- Pencak Silat merupakan olahraga beladiri asli Indonesia, Pencak silat berfungsi sebagai metode bela diri untuk mempertahankan atau melindungi diri dari bahaya yang mengancam keselamatan dan kelangsungan hidup. Seiring berkembangnya peradaban masyarakat rumpun melayu, fungsi pencak silat pun semakin meluas bukan hanya lagi berfungsi sebagai alat bela diri, namun juga sebagai sarana olahraga, sebagai alat pendidikan jasmani, rohani dan sosial. Pada kesempatan kali ii, akan dipelajari mengenai teknik dasar pencak silat. Jika pada postingan sebelumnya membahas mengenai teknik keterampilan gerak pukulan, maka kali ini akan membahas teknik keterampilan tendangan dalam pencak silat.

Baca: 5 Teknik Pukulan Dalam Olahraga Pencak Silat

Keterampilan Gerak Tendangan Dalam Pencak Silat

Dalam bela diri pencak silat, tendangan merupaka salah satu teknik yang dipakai ketika berhadapan dengan lawan dengan situasi jarak jauh. Dimana si pesilat menggunakan tungkai kaki dalam serangannya. Berikut beberapa teknik tendangan yang sering digunakan antara lain sebagai berikut.

1. Tendangan Lurus
Tendangan lurus adalah tendangan dengan lintasan lurus ke depan, sasaran adalah kemaluan lawan, atau perut lawan, serta pesilat bisa mengombinasikan tendangan ini dengan kombinasi lompatan. cara melakukan tendangan lurus adalah sebagai berikut.
  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan entakan telapak kaki sejajar dengan bahu.
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan: kesalahan yang sering dilakukan dalam tendangan lurus adalah sikap kuda-kuda kiri kurang baik, tidak ada entakan telapak kaki, entakan tidak sejajar dengan bahu, dan badan tidak seimbang.


2. Tendangan Melingkar

Cara melakukan tendangan melingkar adalah sebagai berikut.
  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke depan dengan entakan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan: kesalahan-kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tendangan melingkar dalam bela diri pencak silat yaitu sikap kuda-kuda kiri kurang baik, tidak ada entakan punggung kaki, dan bacan tidak seimbang.

3. Tendangan Samping

Cara melakukan tendangan samping dalam pencak silat adalah sebagai berikut.
  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan ke samping dengan punggung kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan: Kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tendangan samping adalah sikap kuda-kuda kurang baik, tendangan tidak dengan punggung kaki, dan badan tidak seimbang.


4. Tendangan "T"

Cara melakukan tendangan "T" dalam pencak silat adalah sebagai berikut.
  • Kaki kuda-kuda kiri.
  • Kaki kanan ditendangkan dari samping ke depan dengan hentakan telapak kaki.
  • Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

Kesalahan: kesalahan yang sering terjadi ketika melakukan gerak tendangan samping adalah sikap kuda-kuda kiri kurang baik atau kurang kuat, tidak ada hentakan punggung kaki, dan badan tidak seimbang.

Nah itulah 4 teknik tendangan dalam olahraga pencak silat yang wajib diketahui, demikian artikel mengenai teknik olahraga pencak silat dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Teknik Tendangan Dalam Pencak Silat"

Post a Comment