3 Keterampilan Gerak Melempar Bola Dalam Softball

Keterampilan gerak melempar bola,- Permainan yang berhubungan dengan bola dibedakan menjadi 2 yaitu permainan bola besar dan bola kecil, kedua permainan bola tersebut perbedaan yang mendasar terletak pada ukuran bola dan juga banyaknya orang yang harus bermain. Permainan bola besar diantaraya sepak bola, voli, basket, sedangkan untuk permainan bola kecil juga ada banyak, diantaranya permainan softball dan tenis meja. Baik softball maupun tenis meja merupakan permainan yang banyak digeramari oleh banyak kalangan masyarakat. Softball merupakan permainan dari barat yang hampir mirip dengan permainan kasti jika di Indonesia.

Baca: 3 Cara Menangkap Bola Dalam Permainan Softball

Permainan Softball dilakukan secara beregu dan membutuhkan ketangkasan dan kecerdikan dalam memainkannya. Tidak hanya cara melempar dan menangkap bola saja, dalam permainan Softball juga terdapat unsur atletik karena menganjurkan pemainnya untuk berlari kencang mencapai base yang sudah ditentukan. Dalam permainan Softball pemain harus mengerti beberapa teknik keterampilan permainan Softball, diantaranya keterampilan memegang pemukul (bet), memukul bola, keterampilan melempar bola, melambungkan bola, dan menangkap bola. Walaupun pemain tidak harus menguasai semuanya, tapi diharuskan untuk mengerti cara kerjanya. Nah untuk penjelasannya kali ini akan membahas mengenai keterampilan gerak melempar bola, berikut ulasannya.

Keterampilan Gerak Melempar Bola

Lemparan dalam permainan Softball dapat dilakukan dengan tiga cara, yaitu lemparan atas atau tinggi (overhand throw), lemparan lurus, dan lemparan  bawah/rendah. Keterampilan melempar dalam permainan Softball bertujuan untuk melemparkan bola ke teman satu tim dalam bermain.

Lemparan Atas atau Tinggi

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk latihan melakukan lemparan atas/tinggi.
  1. Berdiri posisi melangkah dengan kaki kiri di depan, menghadap ke arah lemparan, dan tangan kanan memegang bola. Atau bisa sebaliknya jika sang pelempar terbiasa menggunakan tangan kiri (Kidal).
  2. Jika tangan yang memegang bola adalah kanan, Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah ke atas, saat tangan melintasi badan bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.
  3. Lemparankan bola ke atas dengan mengayunkan tangan dari belakang bawah menuju ke atas yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan yang melempar.
  4. Sikap akhir dengan gerak lanjutan dari tangan lempar lurus ke depan, dibantu dengan gerak ikutan anggota tubuh lainnya.

Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain pada saat melakukan lemparan atas/tinggi adalah sikap badan kaku, ayunan tangan kurang kuat, memegang bola tidak sesuai, kedua kaki kurang membuka, arah lemparan tidak ke atas depan, badan kaku dan tidak seimbang, serta tidak ada gerak lanjut.

Lembaran Lurus

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk latihan melakukan lemparan lurus.
  1. Berdiri denga posisi kaki kiri melangkah ke depan (jika menggunakan tangan kanan untuk melempar) dan menatap ke arah lemparan.
  2. Tangan kanan memegang bola, ayunkan tangan kanan ke depan setinggi bahu, dan pada saat tangan melintasi badan, bola dilepaskan bersamaan melangkahkan kaki kiri ke depan.
  3. Lemparan bola ke depan lurus kurang lebih meluncur setinggi dada atau bahu penerima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar.

Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain pada saat melakukan lemparan lurus adalah sikap badan kaku, ayunan lengan kurang kuat, badan kaku dan tidak seimbang, tidak ada lecutan saat akhir lemparan, dan tidak diikuti gerak lanjut.

Lemparan Bawah atau Rendah

Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk latihan melakukan lemparan bawah/rendah.
  1. Berdiri dengan posisi kaki kiri melangkah ke depan (jika menggunakan tangan kanan untuk melempar) dengan badan sedikit dibungkukkan dan menghadap ke arah lemparan.
  2. Tangan kanan memegang bola.
  3. Ayunkan tangan kanan ke depan dari arah bawah, dan saat tangan melintasi badan, bola dilepaskan bersamaan dengan melangkahkan kaki kiri ke depan.
  4. Arah lemparan bola ke depan menyusur tanah.

Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain pada saat melakukan lemparan bawah atau rendah adalah memegang bola kurang fokus, pandangan tidak fokus, badan kurang membungkuk, serta lemparan dan langkah kaki tidak bersamaan.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Keterampilan Gerak Melempar Bola Dalam Softball"

Post a Comment