3 Cara Menangkap Bola Dalam Permainan Softball

Keterampilan Menangkap Bola dalam Permainan Softball,- Pada permainan Softball, menangkap bola dilakukan bertujuan untuk menerima bola dari teman atau satu tim dalam bermain. Menangkap bola dilakukan dengan menggunakan alat yang diberi nama sarung (glove) dengan bentuk lebih besar dan lebar dari pada sarung tangan kebanyakan. Menangkap bola dalam permainan Softball dilakukan setelah bola berhasil dipukul oleh seorang pemukul lawan, yang akhirnya mengharuskan menangkap bola tersebut.

Baca: Cara Memukul dan Melambungkan Bola Dalam Permainan Softball

Dalam menangkap bola terdapat beberapa teknik dalam menangkap bola, yaitu menangkap bola rendah/bergulir di tanah, menangkap bola lurus/datar, dan menangkap bola tinggi/melambung. Untuk penjelasan mengenai masing-masing tata cara menangkap bola dalam permainan softball bisa dilihat dibawah ini.

1. Menangkap Bola Rendah atau Bergulir di Tanah

Cara melakukan tangkapan bola rendah atau bergulir di tanah adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awal badan menghadap ke arah datangnya bola, kedua kaki sedikit dibuka.
  2. Kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkuk.
  3. Tangan kiri menangkap bola diikuti tangan kanan menutup glove setelah bola ditangkap.

Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain sehingga proses penangkapan bola rendah/bergulir di tanah tidak berhasil adalah pandangan tidak mengarah ke datangnya bola, badan kurang bungkuk, kedua telapak tangan terlalu rapat, dan kedua tangan kurang harmonis dalam menyambut datangnya bola.

2. Menangkap Bola Datar/Lurus

Cara menangkap bola rendah atau bergulir di tanah adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awal menghadap ke arah bola datang, kedua kaki dibuka selebar bahu, dan lutut agak ditekuk.
  2. Posisi badan agak condong ke depan, kedua telapak tangan menghadap ke arah bola membantuk mangkuk.
  3. Usahakan bola masuk di antara kedua telapak tangan, tutup dengan jari-jari, dan tarik ke arah dada untuk meredam kecepatan bola.

Kesalahan: Beberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain sehingga proses penangkapan bola datar/lurus tidak berhasil adalah badan kaku, pandangan tidak mengarah ke datangnya bola, badan kurang bungkuk, kedua telapak tangan terlalu rapat, dan kedua tangan kurang harmonis dalam menyambut datangnya bola.


3. Menangkap Bola Tinggi/Melambung

Cara menangkap bola tinggi atau melambung dalam permainan Softball adalah sebagai berikut.
  1. Sikap awal menghadap ke arah datangnya bola dan kedua kaki dibuka selebar bahu serta lutut agak ditekuk.
  2. Posisi badan agak condong ke depan, kedua telapak tangan menghadap ke arah bola membentuk mangkuk.
  3. Usahakan bola masuk di antara dua telapak tangan, tutup dengan jari-jari dan tarik ke bawah untuk meredam kecepatan bola.

Kesalahan: Bebeberapa kesalahan yang terkadang dilakukan oleh pemain sehingga proses penangkapan bola tinggi/melambung yang seharusnya berhasil menjadi gagal, diantaranya badan kaku, pandangan tidak mengarah ke datangnya bola, badan kurang bungkuk, kedua telapak tangan terlalu rapat, dan kedua tangan kurang harmonis dalam menyambut datangnya bola.
Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Menangkap Bola Dalam Permainan Softball"

Post a Comment