3 Cara Memegang Bet (Pemukul) Dalam Permainan Softball

Cara Memegang Bet atau Pemukul pada permainan Softball,- Softball merupakan permainan beregu yang berasal dari Amerika Serikat. Permainan softball dimainkan oleh sembilan orang pemain dan bermain dalam tujuh inning, yaitu masing-masing regu mendapatkan giliran menjadi pemain bertahan dan menyerang masing-masing tujuh kali. Pergantian dilakukan apabila regu bertahan berhasil mematikan pemain dari regu penyerang sebanyak tiga orang.

Ada beberapa alat yang digunakan dalam permainan softball, yaitu tongkat pemukul (bet), bola dari kulit, gloves (sarung tangan), dan masker bagi catcher. Cara memainkannya yaitu seorang pemukul melakukan pukulan terhadap bola yang dilemparkan oleh pitcher (pelempar bola). Posisi pelempar bola bertugas berada di tengah lapangan dan anggota regunya bertugas di tiga home base, empat pemain di luar lapangan, dan satu di home plate. Seorang pemukul harus berhasil mengelilingi semua base sebelum bola mengenai base yang dtujunya dan pemukul dapat menolak lemparan bola yang dirasa tidak sesuai.

Dalam permainan Software ada beberapa teknik dasar yang harus dikuasai agar bisa bermain dengan baik, diantaranya Memegang bet, gerak memukul, gerak melempar bola, melambungkan bola, dan menangkap bola. Nah untuk itu sebagai penjelasan kita mulai dari keterampilan Gerak memegang Bet dan Pemukul.

Keterampilan Gerak Memegang Bet atau Pemukul

Bagaimana cara memegang Bet sangat menentukan berhasil tidaknya gerakan memukul bola yang hendak dilakukan. Oleh sebab itu, seorang pemukul harus memegang bet dengan baik dan benar. Terdapat tiga teknik memegang bet atau pemukul, yaitu sebagai berikut.

  1. Pegangan bawah: tongkat dipegang dekat bonggol.
  2. Pegangan tengah: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm atau 5 cm dari bonggol.
  3. Pegangan atas: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm atau 10 cm dari bonggol.


Kesalahan: Beberapa kesalahan yang sering terjadi pada saat melakukan bola adalah posisi lengan kaku, pegangan kurang kuat, tidak fokus dalam memegang, dan memegang tidak sesuai tujuan memukul.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "3 Cara Memegang Bet (Pemukul) Dalam Permainan Softball"

Post a Comment