Penjelasan Mengenai Empat Sehat Lima Sempurna

Makanan dan minuman yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Tidak semua makanan dan minuman yang ada dipasaran itu sehat dan aman dikonsumsi. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih makanan dan minuman yang akan Anda konsumsi. Makanan yang kita makan seharusnya adalah makanan yang menyehatkan dan mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan tubuh kita. Unsur-unsur tersebut, seperti zat pembangun, zat pengatur, dan zat tenaga.

Baca: contoh makanan (zat pembangum, zat pengatur, dan zat tenaga)

Makanan dan minuman sehat biasanya disebut sebagai "makanan empat sehat lima sempurna". Makanan empat sehat lima sempurna terdiri atas berbagai unsur makanan dan minuman yan biasa dimakan orang setiap hari. Unsur-unsur makanan empat sehat lima sempurna terdiri atas sebagai berikut.

1. Makanan Pokok

Makanan pokok utama berfungsi sebagai sumber tenaga bagi tubuh agar mampu melakukan aktivitas sehari-hari. Contohnya seperti nasi, jagung, kentang, gandum, tepung terigu, serta umbi-umbian lainnya. Tidak semua wilayah di negara kita penduduknya memakan nasi. Oleh karena itu, setiap daerah memiliki porsi makan yang berbeda. Misalnya, takaran nasi akan berbeda dengan takaran makan jagung, gandum, atau singkong. Namun, dari seluruh jenis makanan itu banyak mengandung karbohidrat. Karbohidrat terdiri dari atas unsur karbon, nitrogen, dan oksigen. Sebagian besar kebutuhan kalori tubuh kita berasal dari karbohidrat. Karbohidrat merupakan sumber kalori utama bagi tubuh manusia. Karbohidrat dalam tubuh kita berfungsi sebagai sumber energi dan tenaga cadangan. Oleh karena itu, nasi menjadi makanan utama sebagian masyarakat bangsa Indonesia.

2. Lauk Pauk

Lauk-pauk adalah salah satu sumber protein yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Lauk-pauk pada makanan memiiki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun pada tubuh. Protein terdiri atas dua sumber, yaitu protein hewani dan protein nabati. Protein hewani adalah protein yang bersumber dari hewan seperti daging, telur, dan susu. Adapun protein nabati adalah protein yang bersumber dari tumbuh-tumbuhan seperti kacang-kacangan. Kacang-kacangan dapat disajikan dalam menu makanan kita, seperti tempe, tahu, dan oncom.

3. Sayur-Mayur

Sayur-mayur merupakan salah satu sumber mineral yang dibutuhkan tubuh kita. Sayur-sayuran pada makanan memiliki fungsi untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur pada tubuh. Mineral juga disebut dengan garam-garam mineral. Garam-garam mineral terdiri atas zat kapur, fosfor, zat besi, garam yodium, garam flour, garam natrium, garam klorm, dan garam kalium. Dengan mengonsumsi banyak sayuran yang mengandung zat kapur, tubuh kita akan menjadi kuat. Karena zat kapur dalam tubuh kita dapat berfungsi sebagai berikut.

  • Pembentukan tulang yang kuat dan gigi yang baik.
  • Membantu proses pembekuan darah.
  • Mencegah rakhitis atau penyakit tulang.
  • Memengaruhi rangsang sistem saraf dalam kontraksi otot, termasuk detak jantung.
Ada dua jenis sumber makanan yang banyak mengandung zat kapur, yaitu dari hewan dan tumbuhan. Zat kapur yang bersumber dari hewan, yaitu kuning telur, dan ikan. Adapun yang bersumber dari tumbuhan adalah daun pepaya, bayam, sawi, melinjo, dan kangsung.

4. Buah

Buah-buahan merupakan salah satu sumber vitamin. Vitamin tidak dapat dibuat dalam tubuh kita dalam jumlah yang cukup. Vitamin dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran. Vitamin A, berasal dari pisang, pepaya, wortel, dan tomat. Vitamin C, berasal dari jeruk, nanas, strowberi, dan pepaya.


Selain sebagai sumber vitamin, buah-buahan juga mempunyai khasiatm sebagai berikut.
  • Belimbing wuluh berkhasiat untuk hipertensi.
  • Jeruk bali berkhasiat untuk penghalus kulit.
  • Jeruk purut berkhasiat untuk obat batuk dan aromatik.
  • Sirsak berkhasiat untuk sariawan dan abortivum.
  • Nana berkhasiat untuk radang amandel dan obat mulas.
  • Mentimun berkhasiat untuk penghalus kulit dan obat bari empedu.

5. Susu

Susu sebagai pelengkap di mana tidak ada kewajiban atau keharusan kita untuk mengonsumsi atau meminumnya. Namun, tidak ada salahnya jika kita minum susu setelah makan, karena susu mengandung berbagai macam kandungan zat yang berguna dan baik bagi tubuh kita.

Manusia hidup tidak saja membutuhkan makanan, tetapi juga membutuhkan minuman, dan cairan lainnya. Hal itu untuk memberikan keseimbangan dalam metabolisme tubuh kita. Sebagai contoh, misalnya air. Air sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Air memberikan keseimbangan dalam pola makan yang sehat, karena air memiliki banyak fungsi dalam tubuh kita, yaitu sebagai berikut.

a. Membangun sel jaringan tubuh.
b. Membentuk cairan tubuh.
c. Melarutkan zat-zat di dalam tubuh.
d. Mengakut zat-zat makanan dan sisa metabolisme tubuh, serta
e. Mengatur suhu dalam tubuh.

Air yang kita konsumsi hendaknya memenuhi syarat kesehatan. Ciri-ciri air minum yang memenuhi syarat kesehatan, yakni sebagai berikut.
  1. Jernih.
  2. Tidak berasa.
  3. Tidak berbau.
  4. Tidak berwarna.
  5. Tidak mengandung mineral yang berbahaya.
  6. Tidak mengandung bibit penyakit.

Nah itulah beberapa penjelasan mengenai unsur-unsur makanan empat sehat lima sempurna beserta tips memilih makanan dan minuman sehat. Sekian informasi kesehatan yang dapat saya bagikan dan semoga bermanfaat.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Mengenai Empat Sehat Lima Sempurna"

Post a Comment