Pengertian Pola Hidup Sehat (Makanan dan Minuman Sehat)

Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Itulah sebuah pepatah yang sering kita dengar dalam dunia kesehatan. Setiap orang pasti mendambakan tubuhnya selalu sehat. Jika tubuh kita sehat, kita dapat melakukan aktivitas sehar-hari dengan lebih semangat. Tubuh harus selalu kita kita jaga dan pelihara agar senantiasa sehat dan bugar sebagai bentuk syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa. Untuk menjaga agar tubuh kita selalu sehat, maka harus menerapkan pola hidup sehat.

Pengertian Pola Hidup Sehat

Pola hidup sehat adalah suatu gaya hidup dengan memperhatikan faktor-faktor tertentu yang memengaruhi kesehatan, antara lain makanan dan olahraga. Makanan dan minuman yang sehat sangat diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. Tidak semua makanan dan meniman yang ada di pasaran itu menyehatkan dan aman untuk dikonsumsi. Selain itu, makanan dan minuman yang mahal belum tentu menyehatkan tubuh kita. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati dalam memilih dan minuman yang Anda konsumsi. Selain dengan makan makanan yang sehat kita juga perlu melakukan berbagai aktivitas fisik. Lalu, apakah makanan dan minuman yang menyehatkan itu? Aktivitas fisik apa sajakah yang dapat menjaga tubuh agar selalu sehat? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, silahkan pelajari dulu pengertian mengenai makanan dan menuman sehat dibawah ini.

Pengertian Makanan dan Minuman Sehat

Makanan yang kita makan mempunyai peranan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Orang yang melakukan aktivitas sehari-hari memerlukan tenaga dan daya tahan tubuh terhadap penyakit, serta mendorong pertumbuhan, perkembangan, dan pemeliharaan tubuh. Agar semua itu berlangsung dengan baik dan tetap terjaga, maka manusia memerlukan asupan yang sesuai dengan aktivitas tersebut, melalui makanan dan meniman yang kita konsumsi. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari harus makanan dan minuman yang sehat. Makanan yang sehat adalah mekanan yang bersih dan mengandung gizi. Makanan dan minuman sehat adalah makanan dan minuman yang mengandung tiga unsur gizi yang diperlukan tubuh, yaitu.
  1. Zat pembangun, terdiri atas protein dan mineral.
  2. Zat pengatur, terdiri atas protein, vitamin, dan mineral.
  3. Zat tenaga, terdiri atas karbohidrat, protein, dan lemak.

Sesuai dengan kegunaanya, makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat dikelompokkan sebagai berikut.
  1. Makanan sebagai sumber tenaga terutama yang mengandung hidrat arang, seperti beras, jagung, terigu, kentang, dan umbi-umbian serta yang mengandung lemak, seperti ikan, daging, telur, dan jenis kacang-kacangan.
  2. Makanan sebagai sumber zat pembangun. Protein oleh tubuh digunakan sebagai bahan pembentukan sel-sel jaringan tubuh yang baru, pembentukan sel darah merah, sel darah putih, serta zat kekebalan tubuh atau antibidi.
  3. Makanan sebagai sumber zat pengatur. Vitamin dan garam mineral diperlukan oleh tubuh dalam jumlah yang kecil, namun mutlak diperlukan tubuh. Makanan yang mengandung vitamin dan garam mineral adalah sayuran-sayuran dan buah-buahan.

Ketiga kelompok zat makanan tersebut, semuanya diperlukan dan penting bagi tubuh, sehingga kelompok yang satu tidak bisa menggantikan kelompok yang lain. Ketiga kelompok zat makanan harus terdapat dalam susunan makanan kita sehari-hari, yang biasa disebut dengan menu seimbang.

Advertisement

Baca Juga :

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Pola Hidup Sehat (Makanan dan Minuman Sehat)"

Post a Comment